Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Lusa, Bali Buka Pintu untuk 6 Negara

Selasa, 12 Okt 2021 - 11:07 WIB
Penulis : Anton Hartono
Lusa, Bali Buka Pintu untuk 6 Negara - inilah.com
foto istimewa

Setelah sekian lama menutup pintu untuk kunjungan wisata dari luar negeri, pemerintah mulai mengizinkan Pulau Bali untuk kembali mendatangkan wisatawan asing pada Kamis (14/10/2021) lusa.

Namun pemerintah belum memperbolehkan semua negara masuk ke Bali, melainkan hanya enam negara saja di antaranya Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Selandia Baru. Sementara negara lainnya masih dalam pertimbangan.

Jelang kedatangan wisatawan mancanegara, Bandara I Gusti Ngurah Rai mulai melakukan simulasi pelayanan di terminal kedatangan internasional. “Semua proses di bandara disimulasikan dengan detil,” ujar Novie Riyanto, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Baca juga
Syarat Penerbangan Dilonggarkan, Bali Langsung Diserbu Wisatawan

Menurutnya saat ini sejumlah fasilitas di bandara sudah disiapkan dengan baik, seperti tempat pemeriksaan suhu tubuh para penumpang, bahkan bilik untuk pengambilan sampel tes PCR yang disediakan sebanyak 20 bilik. Tempat duduk untuk penumpang yang menunggu pun sudah diberi jarak aman.

Beberapa fasilitas lainnya adalah tempat pemeriksaan keimigrasian, baggage handling system, alat pengatur suhu ruangan, tempat pemeriksaan kepabeanan dan holding area sebagau ruang tunggu hasil swab PCR.

Tak hanya itu, Pemprov Bali saat ini juga tengah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung seperti hotel untuk karantina wisatawan yang datang serta fasilitas protokol kesehatan (prokes) penunjang lainnya. Sebanyak 35 hotel pun sudah disiapkan untuk kebutuhan tersebut.

Tinggalkan Komentar