Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Luwes, Airlangga Hartarto Bisa Disandingkan dengan Cawapres Manapun

Selasa, 24 Mei 2022 - 13:31 WIB
8e2533b3 46e9 45d1 A1d7 B83953890631 - inilah.com
Airlangga Hartarto (kedua dari kanan) dianggap mudah menentukan kandidat cawapres. Foto: Antara

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai sosok Ketum Golkar Airlangga Hartarto bisa disandingkan dengan figur manapun dalam kontestasi Pilpres 2024. Airlangga yang digadang-gadang maju sebagai capres dianggap tidak menemukan kesulitan untuk menentukan pasangan cawapres.

Menurut Ujang, Menko Perekonomian tersebut tergolong figur yang luwes dan bisa disandingkan dengan figur parpol maupun non-parpol. “Asalkan memiliki elektabilitas tinggi, mau kalangan manapun itu terserah dan tidak menjadi masalah,” ujar Ujang, di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Dia menilai Airlangga mumpuni diusung sebagai capres karena termasuk menteri yang berkinerja baik. Khususnya dalam penanganan ekonomi saat pandemi maupun pascapandemi COVID-19.

Baca juga
Hanya Anies yang Mampu Tandingi Prabowo di Pilpres 2024

Koalisi Indonesia Bersatu yang diinisiasi Golkar, PAN dan PPP bahkan dianggap menjadi mesin politik yang cukup memadai untuk mengantarkan Airlangga menuju Pilpres 2024. Figur Zulkifli Hasan maupun sosok lainnya bisa dipertimbangkan untuk mendampingi Airlangga.

Soliditas Koalisi Indonesia Bersatu mulai terjalin di daerah. Golkar Gorontalo dan Jateng menyatakan siap menjalin kemitraan dengan parpol koalisi. Ketum PAN, Zulkifli Hasan bahkan mewajibkan kader di Sulsel untuk mendukung Koalisi Indonesia Bersatu.

Menurut Ujang, potensi Koalisi Indonesia Bersatu memenangi pilpres terbuka lebar. Selain unggul komposisi yang terdiri atas kalangan nasionalis, Islam modernis dan Islam tradisional, terbuka kemungkinan bergabungnya parpol lain ke dalam koalisi yang turut menambah akselerasi dan jangkauan koalisi dalam merebut kepercayaan pemilih.

Baca juga
Airlangga: DKI Jakarta Punya Fasilitas dan Kapasitas Fiskal Tertinggi Nasional

“Jika Airlangga diusung jadi capres, cawapres untuk Airlangga mesti figur yang memiliki elektabilitas,” ungkap Ujang. [WIN]

Tinggalkan Komentar