Kamis, 02 Februari 2023
11 Rajab 1444

Mahasiswa Asing Antusias Belajar Bahasa Indonesia

Jumat, 01 Nov 2013 - 13:54 WIB
Penulis : Farhan Faris
Darmasiswa Republik Indonesia (DRI)

INILAH.COM, Jakarta - Warga negara asing terutama mahasiswa asing sangat antusias mengikuti program belajar Bahasa Indonesia di puluhan negara di dunia.

Program itu disebut BIPA yakni program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia (mendengarkan, berbicara-poduktif dan interaktif, membaca, dan menulis) bagi penutur asing.

"Warga negara lain terutama mahasiswa asing sangat antusias terhadap bahasa Indonesia, itu sangat tinggi sekali," kata Ketua Satgas Program Darmasiswa Republik Indonesia (DRI), Pangesti Wiedarti, kepada INILAH.COM, Jumat (1/11/2013).

Ia menjelaskan, program DRI merupakan program beasiswa bagi mahasiswa asing yang negaranya memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar di Indonesia.

Menurut dia, program DRI ini untuk bahasa Indonesia menjadi jurusan favorit para peserta. Hal itu sebagaimana hasil survei pada 2012, yaitu 65% Bahasa Indonesia, 30% seni-budaya, culinary dan tourism 3%, lain-lain 2%.

"BIPA dipelajari semua mahasiswa DRI yang belajar di 46 - 59 universitas di Indonesia. Tiap tahun, ada sekitar 700 mahasiswa asing dari sekitar 77 negara yang belajar seni, budaya, dan bahasa Indonesia, juga bidang-bidang lain seperti tourism dan hospitality," jelas Pangesti. [yeh]