Selasa, 16 Agustus 2022
18 Muharram 1444

Demo RKUHP, Mahasiswa: Jenderal Tolong Singkirkan Kawat Berduri dari Kami!

Selasa, 28 Jun 2022 - 17:32 WIB
1656406044914 - inilah.com
Kawat berduri dipasang terkait pengamanan aksi demo mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (28/6/2022). Foto: Inilah.com/Safarian Shah

Mahasiswa berunjuk rasa menolak pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2022). Mereka meminta aparat kepolisian untuk menyingkirkan kawat berduri di lokasi unjuk rasa.

“Sambutan yang tidak pantas untuk rakyat, sampaikan kepada para jenderal. Sampaikan kepada para pimpinan dan jenderal, singkirkan kawat berduri, kami rakyat. Tak elok kami disambut kawat berduri, singkirkan,” kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), Bayu Satria Utomo saat berorasi di depan Gedung DPR/MPR RI.

Pengesahan RKUHP ditolak. Sebab beberapa pasal dianggap dapat dipakai oknum tertentu untuk merugikan rakyat.

Baca juga
Sambut Perjuangan Kartini, Mahasiswa Berupaya Kepung Istana

Aparat kepolisian melakukan penjagaan dan pengamanan unjuk rasa yang digelar sejumlah massa dari BEM berbagai perguruan tinggi di wilayah Jabodetabek.

Selain itu, kepolisian juga membentangkan kawat berduri di sepanjang gerbang Gedung DPR/MPR.

Sebelumnya, Polres Jakarta Pusat menerjunkan personel pengamanan sesuai dengan prakiraan jumlah massa aksi mahasiswa.

Pihak kepolisian mengimbau pengunjuk rasa untuk menjaga ketertiban dan menghindari adanya penyusup yang membuat situasi menjadi tidak kondusif.

Tinggalkan Komentar