Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Makan Malam Bersama Tangkal Efek Cyberbulling

Rabu, 03 Sep 2014 - 08:08 WIB
Penulis : Santi Andriani

INILAHCOM, Jakarta - Penelitan terbaru mengungkapkan kebiasaan makan malam bersama keluarga bisa menangkal efek cyberbulling bagi remaja.

Berkumpul bersama di meja makan dan melakukan sejumlah komunikasi yang santai tapi erat, dapat mengurangi efek depresi, kecemasan, penyalahgunaan zat terlarang, pikiran bunuh diri dan banyak hal negatif lainnya.

"Pelecehan dan kekerasan online sulit bagi orang tua dan pendidik untuk memantau, sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor pelindung untuk kaum muda yang terkena cyberbullying," kata pemimpin penulis Frank Elgar, profesor di Universitas McGill di Kanada.

Studi yang publis dalam jurnal JAMA Pediatrics menganalisa sebanyak 20.385 remaja di Wisconsin. Peneliti mengukur seberapa sering mereka menghadapi cyberbulling dan gangguan lainnya secara langsung dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan mental mereka.

"Kami menemukan bahwa emosi, perilaku dan substansi masalah penggunaan zat terlarang adalah 2,6-4,5 kali lebih umum di antara korban cyberbullying," kata Elgar. Hasil tersebut adalah khusus untuk cyberbulling.

Remaja yang tidak memiliki banyak makan malam keluarga cenderung merasa lebih buruk setelah dibully lewat online. Itu menunjukkan dukungan keluarga berperan dalam mengurangi efek bullying ini. Tapi tentu ada cara lain untuk memberikan dukungan .

"Seperti sarapan bersama atau sekolah pagi. Memeriksa  kehidupan online mereka dapat memberi mereka alat untuk mengelola pelecehan online atau intimidasi yang dapat dengan mudah terdeteksi," ujar dia. [aji]