Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Makan Siang Bersama Megawati, Erick Thohir Tidak Bahas Politik

Senin, 13 Jun 2022 - 22:25 WIB
Whatsapp Image 2022 06 13 At 17.38.06 - inilah.com
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) berbincang dengan Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri (kiri) di Gedung Sarinah, Jakarta, Senin (13/6/2022). Erick mengaku tidak membahas soal politik saat makan siang bersama Mega. Foto: Antara

Menteri BUMN Erick Thohir sempat makan siang bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, sewaktu menemani Mega bersama keluarga meninjau Mal Sarinah, Jakarta, Senin (13/6/2022). Erick mengaku hanya membicarakan soal Sarinah dengan Presiden RI ke-5 itu.

Erick menyebutkan, dalam jamuan makan siang, Mega menitip pesan pentingnya merawat sejarah melalui Sarinah, yang diketahui gedung pencakar langit pertama di Indonesia. Mega menilai Sarinah merupakan aset sejarah.

“Saya rasa kebanyakan (bahas) soal Sarinah,” kata Erick, membeberkan. “Beliau berpesan kalau bisa nanti fakta-fakta sejarah bisa terus digulirkan di Sarinah,” lanjut dia.

Erick mengakui Sarinah bukan hanya gedung pusat perbelanjaan tetapi bagian dari sejarah bangsa yang perlu dirawat. “Jangan sampai generasi muda ini terputus dari sejarah. Semoga ini bisa jadi pengingat sejarah pada generasi muda,” ujarnya.

Baca juga
Soal Kriteria Capres PDIP, Hasto: Aspek Ideologi tak Bisa Ditawar

Mega yang meninjau Sarinah atas undangan Erick tiba sekitar pukul 14.25 WIB didampingi dua orang cucu, yakni Pita dan Prisha yang merupakan putri Mohammad Rizky Pratama. Puti Guntur Soekarno turut dalam rombongan itu.

Sebelum meninjau Galeri Bung Karno di lantai 6, rombongan sempat meninjau Relief Sarinah yang dirancang dan dibangun semasa konstruksi Gedung Sarinah pada awal tahun 60-an. Relief ini menjadi menarik karena ditemukan kembali saat proses revitalisasi Sarinah yang dimulai pada Agustus 2020.

Mega beserta keluarga berkeliling Sarinah hampir tiga jam. Mengelilingi tiap lantai dan makan di Restoran Paviliun. Mega terlihat cukup lama berbincang dengan Erick Thohir. Beberapa kali Mega menunjuk ke arah relief sambil berbicara.

Baca juga
Jokowi Panen Kritik, Tren Elektabilitas PDIP Merosot

Mega mengapresiasi pemugaran Sarinah yang dilakukan Kementerian BUMN. Khususnya dapat melihat relief yang menurutnya peninggalan sejarah dan seni yang amat penting bagi Indonesia.

“Menurut saya dari sisi seni itu luar biasa sekali karena mungkin anak muda sekarang mungkin belum mengetahui. Jadi dari sisi makna itu bukan main, Indonesia ini punya seniman yang sebetulnya maestro,” ujar Megawati.

Tinggalkan Komentar