Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Makna di Balik Foto Profil Ridwan Kamil Bergambar Eril Menatap Simbol Nama Allah

Selasa, 31 Mei 2022 - 16:29 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Foto Profil Ridwan Kamil - inilah.com
Instagram/@ridwankamil

Di balik foto profil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil rupanya punya cerita yang sedikit menyentuh soal foto profil instagramnya tersebut. Dalam gambar tersebut ia mengganti wajahnya dengan foto putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hanyut terbawa arus Sungai Aare di Swiss pada Kamis, (26/05/2022).

Foto yang menjadi foto profil akun media sosial Ridwan Kamil atau Emil itu adalah saat Eril masih anak-anak. Ia menggantinya pada Senin, (30/05/2022) bersamaan unggahan terbarunya. Di foto itu, wajah Eril tidak terlihat. Ia hanya kelihatan punggungnya, tengah duduk di ujung lantai yang berbatasan dengan kolam. Ia duduk dan menatap batu bulat di tengah kolam yang bertuliskan lafaz Allah SWT.

284787221 1014398932775717 3773854151949209858 N - inilah.com

Kepastian bahwa sosok bocah di foto itu adalah Eril telah terkonfirmasi berdasarkan Randy Kusumaatmadja, orang kepercayaan Emil dan keluarganya yang saat ini juga berada di Swiss. “Foto Eril sedang berada di Masjid Al-Irsyad. Akan tiba kita di Bandung ini A, sudah ada tanda-tanda. Insyaallah. Takkan pernah padam,” tulis Randy di atas foto muka akun Instagram Ridwan Kamil di Instagram Storynya.

Baca juga
Anggota Wantimpres Besuk Ade Armando, Kuatkan Keyakinan Publik Rezim Jokowi Pro Buzzer

Arsitek Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat adalah Ridwan Kamil. Masjid ini resmi ada pada Agustus 2010. Pada tahun itu, usia Eril baru sekitar 11 tahun.

Screenshot (333) - inilah.com
Tangkapan layar profil instagram Ridwan Kamil

Kondisi terkini keluarga Ridwan Kamil

Emmeril Khan Mumtadz atau Eril merupakan putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis siang (26/05/2022) waktu setempat. Eril bersama keluarga pergi ke Swiss mencari perguruan tinggi, untuk melanjutkan pendidikan S2.

Sehari sebelumnya, Atalia mengganti foto profil dari fotonya sendiri sebagai Mamah Jabar, demikian ia menyebut dirinya, dengan foto dirinya tengah mencium pipi Eril. “Mohon keikhlasannya untuk terus mendoakan A Eril,” tulis Atalia di bawah namanya pada bio akun Instagramnya.

Baca juga
BRIN Perkenalkan 7 Jenis Tanaman Hias Lokal, Apa Saja?

Adapun adik Eril, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara, adik Eril yang juga sempat hanyut terbawa arus tapi berhasil kakaknya selamatkan itu langsung menonaktifkan akun media sosialnya. Nama akunnya sudah tak bisa lagi terakses. Gadis yang baru saja masuk Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung itu kemungkinan besar sangat trauma dengan kejadian itu lantaran menyaksikan kakaknya terseret arus usai menyelamatkannya.

Akun Emmeril Kahn Mumtadz sendiri juga mengalami perubahan foto profil. Kemungkinan besar pihak keluarga mengganti foto profilnya. Seperti halnya foto profil yang Emil unggah, di foto profil Eril ini memperlihatkan dari belakang, berdiri menghadap lautan atau danau. Sebelumnya, Eril memasang fotonya bersama teman-temannya,

Emil sendiri, saat mengganti foto profilnya menjadi foto putranya itu juga menggunakan kesempatan itu untuk membuat unggahan tulisan tangannya memohon doa masyarakat Indonesia. “Mohon doanya, pencarian ananda Eril masih terus dilakukan. Semoga Allah Swt, memudahkan ikhtiar ini. Aamiin YRA,” demikian tulisan di kertas itu yang terunggah dalam bentuk foto lalu  video reels dengan musik meditasi penenang jiwa.

Baca juga
Negara Adidaya Tak Berdaya Hadapi Teror-teror Penembakan

Ridwan Kamil juga menuliskan rasa terima kasihnya atas nama keluarga untuk semua perhatian dan doa yang diberikan. “Dan terima kasih dari kami sekeluarga kepada semua yang sudah ikhlas mendoakan dan melaksanakan doa bersama. Semoga Allah membalas ketulusan hati Anda semua. Jazakallah.”

Tinggalkan Komentar