Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Malaysia Setop Ekspor Ayam, Indonesia Ketiban Rejeki Nomplok

Senin, 20 Jun 2022 - 22:02 WIB
Malaysia Setop Ekspor Ayam, Indonesia Ketiban Rejeki Nomplok
Indonesia lobi Singapura demi ekspor ayam (Sumber:GalaMedia).

Untuk mengisi bolongnya pasokan ayam di Singapura pasca keputusan Malaysia setop ekspor, pemerintah Indonesia terus melakukan lobi. Golnya, ayam Indonesia masuk Singapura.

Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono Moegiarso memastikan peluang Indonesia ekspor ayam ke Singapura, sudah di depan mata. Kemenko Perekonomian secara intens berkomunikasi dengan Singapura.

Untuk tahap pertama, Susiwijono berharap, Indonesia bakal mengirimkan sekitar 3 juta ekor ayam. Saat ini, Singapura tengah kekurangan pasokan ayam yang membuat negara tersebut menaikkan harga nasi ayam Hainan, salah satu kuliner yang identik dengan Negeri Singa.

Badan Pangan Singapura (SFA) membenarkan rencana impor ayam dari Indonesia tersebut. Ketua Asosiasi Peternak Unggas Indonesia Achmad Dawami mengatakan Indonesia mengalami surplus produksi ayam.

Baca juga
Ingin Ekonomi Melesat, Menko Airlangga Dorong Percepatan Penyelesaian 218 Proyek Infrastruktur di Jatim Senilai Rp294 Triliun

Ia menjelaskan, Indonesia memproduksi 55 hingga 60 juta unggas per minggu. Sehingga ada surplus 15 sampai 20 persen, setelah dipotong konsumsi domestik.

Menurutnya, ekspor ke Singapura yang diperkirakan memiliki permintaan 3,6 juta hingga 4 juta ekor unggas per bulan dapat membantu menutupi kesenjangan pasokan di negeri tetangga itu.

“Ekspor yang dilakukan Indonesia ke Singapura diperkirakan memiliki permintaan 3,6 juta hingga empat juta unggas per bulan, dapat membantu menutup kesenjangan tersebut,” ujar Dawami.

Dawami mengatakan, Singapura ingin mengimpor ayam hidup untuk menjaga rumah potong hewan domestik mereka tetap beroperasi. Namun, produsen Indonesia lebih suka mengekspor ayam potong karena tidak berpengalaman dalam mengekspor unggas hidup.

Baca juga
Menko Airlangga Sampaikan Kabar Baik Soal Minyak Goreng Murah

“Mudah-mudahan dalam dua minggu ke depan sudah ada realisasi, kalau harus menunggu berbulan-bulan kita akan kehilangan momentum,” kata Dawami.

Sebelumnya, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan, kementan tengah membahas syarat dan sejumlah aturan teknis untuk ekspor ayam ke Singapura.

“Saat ini lagi pembahasan teknis persyaratan antara Indonesia dan Singapura,” kata Nasrullah.

Tinggalkan Komentar