inilah.comarenaManchester United vs Barcelona: Api Percaya Diri Setan Merah di Old Trafford

Manchester United vs Barcelona: Api Percaya Diri Setan Merah di Old Trafford

Kamis, 23 Februari 2023 - 12:14 WIB
Share
Manchester United vs Barcelona: Api Percaya Diri Setan Merah di Old Trafford

Robert Lewandowski dari FC Barcelona berebut bola dengan Luke Shaw dari Manchester United saat pertandingan leg satu babak sistem gugur Liga Eropa UEFA antara FC Barcelona dan Manchester United di Spotify Camp Nou pada 16 Februari 2023 di Barcelona, Spanyol. (Foto: Getty Images)

Jelang pertandingan melawan Barcelona pada laga kedua playoff babak 16 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford pada Jumat (24/2/2023) dini hari WIB, kepercayaan diri tinggi menghiasi skuad Manchester United. Performa dan harmoni positif dalam tim dianggap menjadi modal penting bagi "Si Setan Merah" untuk melanjutkan harapan meraih trofi di Eropa.

Pada laga pertama di Stadion Camp Nou pekan lalu, MU mampu menahan imbang Barcelona dengan skor 2-2. Namun, karena aturan gol tandang tidak berlaku, hanya kemenangan yang dapat membawa Setan Merah melangkah ke babak 16 besar Liga Europa.

Pertandingan melawan Barcelona dianggap sebagai "final" pertama yang dihadapi oleh MU di akhir Februari. Setelah itu, mereka akan bertemu dengan Newcastle United pada final Piala Liga Inggris di Stadion Wembley pada Minggu (26/2).

Setan Merah menghadapi dua laga penentuan itu dengan modal tren penampilan yang bagus. MU adalah tim pertama di lima liga top Eropa yang telah mengemas 27 kemenangan musim 2022-2023. Catatan apik itu dicapai dalam 38 laga di Liga Inggris, Liga Europa, Piala FA, dan Piala Liga Inggris.

Jumlah kemenangan itu telah melampaui hasil positif yang mereka raih musim lalu dengan koleksi 20 kemenangan. Jika dirinci, Bruno Fernandes dan kawan-kawan meraih 15 kemenangan di Liga Inggris, lalu masing-masing lima kali menang di Liga Europa dan Piala Liga Inggris, serta dua kemenangan di Piala FA.

Selain itu, MU akan menyambut Barca, pemuncak Liga Spanyol, dengan rekor apik di Old Trafford. MU sempat menelan kekalahan pada laga kandang pertama di Liga Inggris dan Liga Europa musim ini, tetapi setelah itu lawan-lawan sulit mengimbangi mereka di ”Teater Impian”, julukan Old Trafford.

Gettyimages 1467352514 612x612 - inilah.com
Gettyimages

Setan Merah mencatat 17 kemenangan dari 21 laga kandang yang mereka jalani di empat kompetisi pada musim ini. Dua tim teratas Liga Inggris, yakni Arsenal dan Manchester City, merasakan keganasan MU tampil di rumah sendiri.

Manajer MU Erik ten Hag mengakui, memainkan laga penentu melawan Barca di kandang menjadi keuntungan bagi timnya. Ia percaya kehadiran lebih dari 74.000 pendukung yang memadati Old Trafford memberikan suntikan spirit besar bagi timnya untuk berjuang lolos ke 16 besar Liga Europa.

Musim ini, laga kandang MU rerata dihadiri 74.003 pendukung per laga. Jumlah itu setara dengan 98,8 persen tingkat keterisian tribune Old Trafford yang berjumlah 74.879 kursi.

”Saya katakan kepada fans untuk datang sehingga kami dapat mengalahkan Barcelona bersama-sama. Cinta besar yang ditunjukkan pendukung menjadi motivasi saya untuk membantu klub tampil melewati batas yang dimiliki skuad ini,” ujar Ten Hag dilansir laman klub, Rabu (22/3).

Di bawah tekanan

Meski optimistis timnya bisa meraup hasil positif dari Barca, Ten Hag mengingatkan skuadnya untuk bersedia menderita akibat tampil di bawah tekanan lawan. Pada laga pertama di Stadion Camp Nou, pekan lalu, MU tampil efektif dengan garis pertahanan rendah.

Mereka membiarkan Barcelona memegang bola hingga 61 persen penguasaan bola. Namun, MU bisa mengimbangi Barca dengan sama-sama membuat 18 peluang dan mengakhiri laga dengan skor imbang.

”Anda harus menderita dan berkorban di beberapa situasi melawan tim dengan pemain-pemain brilian, seperti Barcelona, sangat sulit untuk mendapatkan kesempatan yang bagus,” kata Ten Hag.

Ia menyebut akan kembal menerapkan gaya permainan counter pressing. Dengan gaya itu, skuad MU akan fokus menekan pemain Barca yang menguasa bola untuk melakukan serangan balik cepat.

”Counter press adalah cara terbaik untuk menciptakan peluang,” ujarnya.

Wout Weghorst, penyerang tengah MU, ingin membantu MU mengalahkan Barca. Ia mengaku masih menyesali kegagalannya mencetak gol ke gawang Barca ketika tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen, pada menit ke-27.

”Kami dalam momentum yang bagus dan masih aktif di empat kompetisi. Kami ingin terus meningkatkan diri, terutama menghadapi lawan berat (Barca),” kata Weghorst.

Topik
Share
Komentar

Tidak ada komentar

BERITA TERKAIT