Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Manfaat Kesehatan dari Latihan Angkat Kaki Secara Rutin

manfaat kesehatan angkat kaki
Pexels Photo

Ada banyak manfaat kesehatan yang Anda dapatkan dengan rutin latihan angkat kaki. Terutama ketika Anda mengangkat jari kaki hingga bagian kaki atas dengan bertumpu pada tumit. Ini sangat bermanfaat untuk melatih keseimbangan, memperkuat otot kaki bagian bawah, kemudian meningkatkan mobilitas. Utamanya untuk kesehatan penuaan Anda.

“Mengangkat kaki adalah latihan yang bagus untuk membantu Anda membangun kekuatan, mobilitas, dan stabilitas pada otot yang terletak di bagian depan pergelangan kaki dan kaki bagian bawah,” ujar Grayson Wickham, DPT, CSCS, pendiri Movement Vault seperti dikutip dari Livestrong, Rabu, (12/5/2022).

Di sisi lain, manfaat kesehatan dari latihan angkat kaki juga dapat meningkatkan aliran darah ke jantung. Pembuluh darah bergantung pada kontraksi otot untuk membantu aliran darah kembali ke jantung.

Baca juga
Mitos Diet, dari Mengharamkan Karbo hingga Soal Jus

Pembuluh darah di sekitar kaki dan pergelangan kaki memiliki waktu yang paling menantang untuk mengembalikan darah ke jantung karena gravitasi (dan jarak yang jauh ke jantung.

“Di situlah latihan pergelangan kaki, seperti angkat kaki, berguna. Latihan ini dapat membantu memfasilitasi aliran darah dengan membantu pembuluh darah Anda untuk mengangkut darah (melalui kontraksi otot) kembali ke jantung Anda dan dalam prosesnya, memasok semua oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya,” jelas Wickham.

Untuk hasil terbaik, Anda harus menargetkan jumlah repetisi yang lebih tinggi yaitu, melakukannya sebanyak mungkin sampai semampu Anda, menurut Wickham.

Untuk memulainya, pertama-tama berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Dengan bertumpu pada tumit, angkat jari-jari kaki dan bagian depan kaki Anda dari lantai.

Baca juga
Hari Ibu, PKS Muliakan Sejuta Cinta untuk Ibu

Hanya tumit Anda yang harus tetap di tanah. Berhenti sebentar, lalu turunkan kaki Anda ke tanah. Ulangi gerakan ini selama 15-20 kali.

Cobalah lakukan gerakan angkat jari ini dua hingga tiga set setidaknya dua kali seminggu, bersama dengan peregangan pergelangan kaki untuk mempertahankan mobilitas maksimum dan persendian yang sehat.

Tinggalkan Komentar