Manfaat Memakan Cokelat bagi Kesehatan

Manfaat Memakan Cokelat bagi Kesehatan - inilah.com
Cokelat

Cokelat merupakan camilan yang disukai oleh berbagai macam kalangan, baik anak-anak, remaja maupun orang tua. Karena rasanya yang khas, kadang ada yang manis, sedang bahan ada yang pahit khas cokelat.

Memakan cokelat merupakan sebuah hal yang selalu dilakukan saat momen tertentu. Atau bisa disajikan sebagai camilan, makanan penutup, hingga seduhan cokelat panas.

Di balik rasanya yang khas ini, cokelat ternyata menyimpan banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Manfaat yang didapatkan saat mengkonsumsi cokelat di antaranya adalah dapat meningkatkan suasana hati menjadi senang dan bahagia, karena cokelat terbukti dapat menurunkan hormon kortisol. Kortisol merupakan hormon yang dihasilkan oleh tubuh ketika sedang stress.

Baca juga  Segala Jenis Pengobatan COVID-19 Wajib Uji Klinis

Manfaat berikutnya adalah cokelat dapat menurunkan darah tinggi. Hal ini dikarenakan cokelat memiliki kandungan senyawa yang dapat menenangkan saraf seseorang, sehingga tekanan darah akan menurun. Mengkonsumsi cokelat secara rutin dapat menurunkan kolestrol jahat atau LDL sebanyak 10 persen.

Kemudian cokelat juga dapat mengendalikan nafsu makan, karena cokelat dapat membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini membantu bagi seseorang yang sedang menjalankan diet, sehingga dapat menjaga dan mengontrol nafsu makan.  

Manfaat lainnya yaitu memelihara kesehatan otak. Hal ini karena cokelat memiliki kandungan flavanoid yang memberikan manfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Ada juga kandungan epikaten dapat mencegah penurunan fungsi otak agar tidak mudah pikun.

Baca juga  Menghapus Stigma Kesehatan Mental Melalui Percakapan di Twitter

Terdapat penelitian yang menjelaskan bahwa lansia yang diberikan ekstra kokoa yang memiliki kandungan flavanoid akan mengalami peningkatan kognitif dengan cara adanya peningkatan peredaran darah. Kandungan kaefein dan teobromin dapat juga meningkatkan memori otak. 

Tinggalkan Komentar