Minggu, 25 September 2022
29 Safar 1444

Manfaat Squat dan Push Up di Pagi Hari Bisa Turunkan Berat Badan

Jumat, 25 Mar 2022 - 10:19 WIB
turunkan berat badan
unsplash

Pakar kesehatan terkemuka merekomendasikan dua latihan pagi sederhana yang harus dilakukan setiap hari untuk membakar lemak dan turunkan berat badan. Dua latihan yang patut Anda coba lakukan adalah squat dan push up.

Anda mungkin makan makanan bergizi sepanjang hari dan membuat perubahan sehat pada rutinitas gaya hidup Anda, namun Anda mungkin merasa sulit untuk menurunkan berat badan jika Anda tidak memasukkan olahraga dalam rutinitas harian Anda.

Olahraga teratur membantu Anda membakar kalori dan membentuk massa otot. Bahkan jika Anda memilih untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari, ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat dan mengurangi risiko masalah kesehatan kronis.

Untuk mempermudah rutinitas olahraga Anda, Dr Michael Mosley baru-baru ini membagikan dua olahraga pagi yang sangat bermanfaat untuk turunkan berat badan, seperti yang Inilah.com kutip dari timesofindia, Jumat, (25/3/2022).

Baca juga
Usia 70 Tahun, Seto Mulyadi Masih Kuat Push up 80 Kali

Dua latihan yang harus Anda lakukan

Guru penurunan berat badan yang terkenal, dikreditkan atas popularitas diet 5:2, diet keto, diet Fast 800, dalam sebuah wawancara dengan Daily Morning berbicara tentang pentingnya menggabungkan diet dan olahraga dan mengungkapkan dua latihan yang berhasil dan terbaik untuk menurunkan berat badan.

Dia mengatakan bahwa berolahraga saja tidak dapat membantu seseorang menjadi bugar. Ini hanya bekerja bila dikombinasikan dengan diet yang tepat. Bersamaan dengan itu, tingkat asupan protein harian juga berperan besar dalam mempercepat proses penurunan berat badan Anda. Meskipun semua latihan memiliki pro dan kontra, menurut Dr. Mosley press-up (push-up) dan squat adalah dua yang terbaik untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana cara melakukan squat?

Langkah 1: Berdiri di tanah dengan kaki terbuka selebar pinggul.

Baca juga
Buntut Viral Aksi Injak Sopir Truk, Wakil Ketua DPRD Depok Terancam Dipecat Golkar

Langkah 2: Tekuk lutut dan dorong pinggul ke belakang untuk jongkok. Jaga agar paha Anda sejajar dengan tanah dan tulang kering tegak lurus.

Langkah 3: Jaga agar tulang belakang tetap lurus dan tahan posisi ini selama 2-5 detik.

Langkah 4: Berkendara melalui tumit untuk berdiri.

Bagaimana melakukan push-up?

Langkah 1: Berlutut dengan pergelangan tangan di bawah bahu dan pinggul di bawah lutut

Langkah 2: Angkat lutut dan rentangkan kaki untuk mencapai posisi papan tinggi.

Langkah 3: Turunkan tubuh bagian atas ke lantai dengan menekuk siku.

Langkah 4: Turun sampai Anda berjarak sekitar enam inci, dorong lantai untuk kembali ke atas untuk menyelesaikan satu pengulangan.

Manfaat melakukan kedua latihan ini

Baik push-up dan squat adalah latihan beban tubuh.

Baca juga
Usia 70 Tahun, Seto Mulyadi Masih Kuat Push up 80 Kali

Sementara push-up dapat membantu menargetkan semua otot utama tubuh Anda, squat bekerja terutama pada tubuh bagian bawah Anda.

Keduanya dianggap sebagai latihan kekuatan dan dapat dilakukan dalam kenyamanan rumah Anda tanpa peralatan apa pun.

Hanya sesi cepat 15 menit dalam sehari dapat membantu mengaktifkan semua kelompok otot utama Anda dan membakar banyak kalori.

Dr Mosley mengatakan bahwa kedua latihan ini membantu Anda tetap kencang dan juga meningkatkan kualitas tidur Anda.

Konsumsi makanan sehat

Dr Mosley merekomendasikan untuk menggabungkan kedua latihan ini dengan diet yang tepat untuk menurunkan berat badan tanpa kehilangan massa otot. Dia merekomendasikan makan dengan sehat, tetapi menghindari diet rendah kalori dan rendah protein – teh, diet jus.

Tinggalkan Komentar