Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Manfaatkan Teknologi, Jalani Hobi jadi Cuan

Sabtu, 13 Agu 2022 - 22:52 WIB
Manfaatkan Teknologi
Istockphoto

Di era revolusi industri 4.0 ini, setiap orang khususnya kaum muda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengembangkan hobinya.

Hobi yang diiringi dengan pemanfaatan internet secara produktif, kreatif dan positif dapat menjadi sumber pendapatan bagi siapapun yang menekuninya.

Merujuk data terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 210 juta atau 77 persen dari populasi penduduk.

Dengan kata lain, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman Hairunnisa Husain mengatakan, kecanggihan internet bisa dimanfaatkan sebagai sarana atau wadah untuk mengembangkan hobi, khususnya bagi para Gen Z.

Baca juga
Inilah 5 Makanan Terlezat dan Enak Khas China

“Memiliki hobi sangat penting bagi setiap orang. Selain bisa menjadi pengalihan saat sedang stres atau jenuh, hobi juga bisa dijadikan sebagai aktivitas mengisi waktu luang yang bahkan bisa melatih skill dan kreativitas hingga menjadi salah satu sumber pendapatan,” ujarnya pada webinar bertema “Hobi + Teknologi = Rupiah”, ditulis di Jakarta, Sabtu, (13/8/2022).

Dia pun menyebutkan beberapa rekomendasi hobi bagi para Gen Z yang jika ditekuni bisa membuahkan pundi-pundi rupiah.

Mulai dari hobi bercerita atau berbicara, hobi nonton film, hobi make up, hingga hobi memasak dan hobi jajan.

Sebagai contoh hobi jajan bisa saja terdengar negatif bagi beberapa orang karena berkonotasi pada perilaku konsumtif.

Baca juga
Komunitas Warteg Berbagi 1.000 Porsi Makanan untuk Sopir Ojol

Namun, hobi jajan ternyata bisa disalurkan menjadi sesuatu yang positif, misalnya dengan cara membuat  video review makanan atau vlog jalan-jalan sambil berburu makanan.

“Dan ini bisa membuahkan keuntungan jika pandai mengolahnya. Siapa tahu dengan konten review itu kalian berhasil menarik banyak perhatian netizen dan membuat penjual melakukan endorsement berbayar tentunya,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar