Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Mantap Pak Erick, LHKPN Kementerian BUMN Capai 100 Persen!

Selasa, 07 Sep 2021 - 21:08 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Mantap Pak Erick, LHKPN Kementerian BUMN Capai 100 Persen! - inilah.com
Menteri BUMN Erik Thohir saat menjadi narasumber webinar LHKPN. Sumber: instagram.com/erickthohir

Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) tahun 2021 di Kementerian BUMN mencapai 100 persen. Raihan itu membuat kementerian pimpinan Erick Thohir itu menjadi salah satu lembaga negara yang paling patuh dan berkomitmen dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. 

“Pagi ini saya menjadi salah satu narasumber dalam webinar mengenai LHKPN (Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara) bersama dengan Ketua KPK, Pak Firli Bahuri, Ketua MPR Pak @bambang.soesatyo, dan Gubernur Jawa Tengah, Mas @ganjar_pranowo,” tulis Erick di akun Instagram miliknya @erickthohir, Selasa (7/9/2021).

Meski Kementerian BUMN mencapai skor sempurna, Erick mengakui pada jajaran perusahaan plat merah, laporan harta kekayaan pejabatnya belum mencapai 100 persen. Namun, laporan harta kekayaan pejabat pada perusahaan BUMN sudah di atas angka 98 persen. 

Erick pun menegaskan komitmennya untuk mewujudkan Kementerian BUMN yang berintegritas hingga ke jajaran perusahaan-perusahaan milik negara.

“Alhamdulillah, di tahun 2020 tingkat pelaporan dan ketepatan waktu pelaporan LHKPN dari Kementerian BUMN telah mencapai 100 persen. Sedangkan di level BUMN, tingkat pelaporan dan ketepatan waktunya sudah mencapai 98,78 persen. Tentu ini menjadi bukti nyata bahwa Kementerian BUMN berkomitmen penuh dalam mewujudkan prinsip transparansi dan akuntabilitas,” tulis Erick.

Dia menambahkan, untuk memperkuat komitmen pemberantasan dan pencegahan korupsi, pihaknya akan mengeluarkan kebijakan untuk mewajibkan seluruh pejabat BUMN hingga ke cucu perusahaan BUMN untuk turut melaporkan LHKPN ke KPK.

“Ke depannya, komitmen ini akan saya perkuat dengan mengeluarkan Peraturan yang mewajibkan seluruh Pejabat di Anak dan Cucu Perusahaan BUMN untuk turut melaporkan LHKPN. Saya ingin pastikan, seluruh insan di lingkungan BUMN mendukung pelaporan LHKPN ini, demi mewujudkan pemerintahan yang bersih, berintegritas, amanah, transparan, dan akuntabel,” kata Erick.

Tinggalkan Komentar