Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Mantapkan Pengawasan di Lapangan, Bea Cukai Gandeng APH Lain

Rabu, 15 Jun 2022 - 19:29 WIB
bea cukai
(Foto Bea Cukai)

Sebagai community protector, Bea Cukai terus berupaya menjamin kelancaran pelaksanaan tugasnya melalui upaya kerja sama dengan aparat penegak hukum (APH) lain di berbagai daerah.

Bea Cukai Merauke bersama Kanwil Bea Cukai Khusus Papua melakukan kunjungan kerja ke Lantamal XI serta Korem 174/ATW. Dalam kunjungan tersebut dilakukan pertukaran informasi dalam pelaksanaan tugas masing-masing, terutama terkait pelanggaran hukum yang berkaitan dengan tugas masing-masing.

Selanjutnya, Bea Cukai Tanjungpinang melakukan kunjungan ke Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IV Tanjungpinang, (30/5/2022). Kunjungan dilakukan dalam rangka mempererat silaturahmi dan sinergi antar aparat penegak hukum. Selain itu, kedua belah pihak juga saling mengkomunikasikan terkait tupoksi sehingga dapat bekerja sama dalam menjaga keamanan negara dari barang-barang ilegal.

Baca juga
Bea Cukai Lanjutkan Operasi Gempur 2021 Bersama Satpol PP

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa koordinasi juga dilakukan Bea Cukai Malang. Bea Cukai Malang menerima kunjungan dari Komandan Kodim 0833/Kota Malang, Letkol Kav Heru Wibowo Sofa, S.H.,M.Han.

Tujuan dari kunjungan tersebut sebagai bentuk silaturrahmi antar pimpinan instansi, karena Komandan Kodim 0833/Kota Malang baru saja menjabat sejak 01 Maret 2022 lalu. “Keduanya juga komitmen untuk memberantas peredaran rokok ilegal khususnya di wilayah Kota Malang,” ujarnya.

Terakhir, Bea Cukai Jayapura turut hadir dalam kegiatan coffe morning bersama unsur Maritim membahas sinergitas di perairan Papua. Selain itu, kegiatan ini turut dihadiri oleh APH dan unsur-unsur maritim di kota Jayapura seperti Kejaksaan Tinggi Papua, Dit Polairud Polda Papua, KSOP Kelas II Jayapura, Karantina Pertanian Kelas I Jayapura, Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Jayapura, serta pejabat internal Lantamal X Jayapura.

Baca juga
Bea Cukai Jateng DIY, Tanjung Emas, dan Pasuruan Catat Pertumbuhan Realisasi Penerimaan 2021

Diharapkan koordinasi Bea Cukai dan berbagai APH lain ini dapat menciptakan pengawasan yang optimal, sehingga penegakan hukum yang baik dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. “Selain itu kami harap hubungan baik ini dapat mencerminkan citra positif penagak hukum kepada masyarakat, sebagai upaya preventif dalam mencegah pelanggaran hukum terutama dalam hal kepabeanan dan cukai,” pungkas Hatta.

Tinggalkan Komentar