Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Marc Marquez Beri Sinyal Positif Mengaspal di Mandalika

Marc Marquez - inilah.com
Christian Pondella/Getty Images

Kabar gembira datang dari rider tim Repsol Honda, Marc Marquez mengirimkan sinyal positif kepada para penggemar MotoGP bahwa pemulihan penglihatan ganda berlangsung positif sehingga bisa kembali berlatih dengan motor setelah absen tiga bulan. Ini menguatkan potensi pebalap Repsol Honda itu untuk mengawali musim ini dengan lengkap, termasuk dua tes pramusim pada Februari di Sepang, Malaysia, serta Mandalika, Indonesia.

MotoGP musim 2022 akan mulai dengan tes pramusim di Sepang, 5-6 Februari, lalu berlanjut tes kedua di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 11-13 Februari. Kehadiran Marquez di Mandalika sempat diragukan karena tidak ada kabar proses pemulihan penglihatan ganda. Cedera yang pernah ia alami pada 2011 itu kembali muncul setelah Marquez terjatuh saat berlatih motokros menjelang seri Argarve musim 2021.

Baca juga
Misi AVGI Fokus Menjaring Talenta Komunitas Esports di Indonesia

Marquez absen dalam dua balapan terakhir MotoGP musim lalu. Pebalap itu juga dilarang berlatih menggunakan motor selama proses pemulihan diplopia. Namun, dia tetap bisa berlatih fisik di pusat kebugaran dengan angkat beban.

Setelah tiga bulan menjalani terapi dan program pemulihan yang dirancang oleh dokter Sanchez Dalmau, Marquez akhirnya boleh kembali berlatih dengan motor. Juara dunia enam kali MotoGP itu pun memacu motor CRF450R di Sirkuit Ponts, Lleida, kota di wilayah Katalonia, Spanyol. Marquez mengunggah video latihan itu di akun Tweeter @marcmarquez93 pada Jumat (14/1/2022) pukul 01.39WIB.

Gettyimages 1348645749 612x612 - inilah.com
Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia (kiri), dan pebalap Honda, Marc Marquez,  saat balapan MotoGP Seri Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia, 24 Oktober 2021. Kondisi pemulihan diplopia yang positif memperbesar peluang Marquez mengawali MotoGP musim 2022 sejak tes pramusim, termasuk di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, pada 11-13 Februari mendatang.

”Setelah tiga bulan, hari pertama di atas motor menikmati seperti anak-anak!” tulis pebalap yang akan genap berusia 29 tahun pada 17 Februari mendatang itu.

Honda Racing Corporation (HRC) menjelaskan, Marquez diizinkan oleh dokter untuk kembali berlatih dengan motor setelah evaluasi kondisi mata dan penglihatannya telah meningkat jauh. ”Marc Marquez menjalani pemeriksaan dengan Dr Sanchez Dalmau pada Senin lalu untuk menganalisis situasi diplopianya. Dokter spesialis ophthalmologi itu mengonfirmasi peningkatan yang jelas dalam penglihatan sang delapan kali juara dunia,” tulis pernyataan HRC.

Baca juga
FIFA Resmi Larang Rusia Tampil di Piala Dunia Qatar 2022

”Dengan kemajuan ini, pebalap tim Repsol Honda mendapat izin untuk mengendarai motor dan motokros, disiplin paling menuntut di dunia roda dua, dipilih oleh Marquez dan timnya,” lanjut HRC.

Menikmati seperti anak-anak!

”Setelah tiga bulan absen, pebalap Spanyol itu kembali berkendara di Sirkuit Ponts (Lleida). Setelah beberapa putaran sensasi dan rasa di atas motor lebih dari optimistis,” jelas HRC.

Gettyimages 1235681492 612x612 - inilah.com
Pebalap Honda, Marc Marquez, melakukan selebrasi dengan mengangkat trofi setelah menjuarai balapan MotoGP. Kondisi pemulihan diplopia yang positif memperbesar peluang Marquez mengawali MotoGP musim 2022 sejak tes pramusim, termasuk di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, pada 11-13 Februari mendatang.

Dalam latihan pertama dengan motor motokros itu, Marquez bisa memacu motor dengan nyaman melewati sejumlah rintangan, seperti tikungan datar, tikungan dengan kemiringan, serta melompati gundukan. Marquez bahkan melakukan teknik scrub yang perlu keterampilan tinggi karena berbahaya.

Baca juga
Lewat SEA Games, Menpora Harap Banyak Atlet Indonesia Tembus Olimpiade

”Langkah selanjutnya bagi Marquez adalah berkendara di lintasan balap aspal,” ujar HRC.

Marquez pekan ini dijadwalkan menghadiri peluncuran tim Honda Motorsport pada Jumat. Ia juga mengikuti peluncuran motor RC203V 2022 yang akan dipakai oleh tim Repsol Honda di ajang MotoGP, pada 8 Februari.

Dengan kondisi pemulihan diplopia yang sangat positif ini, Marquez kemungkinan besar akan bisa mengawali musim ini sejak tes pramusim, termasuk di Mandalika pada 11-13 Februari. Sirkuit Mandalika kini sedang dalam tahap akhir pembenahan untuk memenuhi syarat homologasi menggelar balapan level grand prix. Persiapan itu baru saja ditinjau Presiden Joko Widodo pada Kamis (13/1).

Tinggalkan Komentar