Sabtu, 28 Januari 2023
06 Rajab 1444

Mardani Maming Buron, Eks Penyidik KPK Beri Gambaran Bagaimana Kehidupannya

Rabu, 27 Jul 2022 - 14:14 WIB
Mardani Maming Buron, Eks Penyidik KPK Beri Gambaran Bagaimana Kehidupannya
KPK Sebar Foto DPO Mardani H Maming (Foto: Inilah.com/Agus Priatna)

Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo menyoroti status DPO yang dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tersangka Mardani H Maming.

Dalam cuitanya di Twitter, Yudi menulis bahwa seseorang yang sudah berstatus buron, tak akan menyerahkan diri. Sehingga harus dicari.

“Sehingga koruptor kalau kabur, kecil kemungkinan menyerahkan diri sehingga penyidik harus mencari kemanapun bersembunyi untuk ditangkap, butuh kerja keras memang misal menggeledah tempat diduga sembunyi, meriksa orang yang tahu keberadaannya, ataupun memantau lokasi yang diduga berada,” tulis Yudi di Twitter @yudiharahap46, Rabu (27/7/2022).

Apalagi buronan KPK, dimana orang yang berstatus buron, kasusnya sudah pasti soal korupsi. Sehingga dengan uang hasil korupsi, buronan bisa tetap hidup enak meski dalam pelarian.

Baca juga
Sepanjang 2022, KPK Lakukan 1.460 Penyadapan

“Jangan bayangkan koruptor kabur itu hidupnya menderita selama pelarian, mereka tetap bisa melaksanakan kegiatan bahkan ada yang beli lahan sawit & berladang, tidur juga di tempat yang nyaman, mau kemana mana tinggal pakai topi/mengubah penampilan agar tidak menarik perhatian publik,” ungkapnya.

“Pengalaman saya dulu mengejar koruptor yang buron, mereka harus megang uang untuk kebutuhan hidup sehari-hari untuk makan yang enak seperti sebelum buron, tempat tinggal yang nyaman bahkan pernah ada yang bersembunyi di apartemen namun penyewa tentu bukan atas namanya & komunikasi dengan keluarga,” sambungnya.

Baca juga
Gibran Siap Penuhi Panggilan KPK, Tapi Bungkam Soal Grup Sinar Mas

Yudi menilai, alasan koruptor memilih kabur daripada menghadapi proses hukum, karena takut kasus yang membelitnya akan semakin besar jika disidangkan.

“Kasusnya akan melebar kemana-mana jadi khawatir akan menyeret orang penting lainnya bahkan kasus-kasus lainnya bukan hanya yang sedang ditangani penyidik & merasa tidak akan bisa ditangkap karena punya kekuatan finansial bisa sembunyi sampai kapanpun,” bebernya.

Oleh sebab itu, Yudi meminta Ketua KPK Firli Bahuri menggerakkan penyidik terbaiknya untuk bisa menangkap Mardani Maming.

Sebab jika dibiarkan, kepemimpinan KPK periode saat ini jadi taruhannya.”Jangan sampai meninggalkan warisan DPO ke periode berikutnya,” tandasnya.

Tinggalkan Komentar