Minggu, 27 November 2022
03 Jumadil Awwal 1444

Marketplace Konstruksi Terlengkap dari Kumpulan Toko Bangunan

Marketplace
Foto: istock

Usaha dengan sistem online semakin populer sejak perkembangan marketplace masuk di Indonesia yang begitu signifikan. Hal tersebut bisa disimpulkan karena adanya alasan marketplace yang serba cepat dan canggih termasuk dalam marketplace konstruksi atau kumpulan toko bangunan yang terpercaya. Dengan begitu, akan memberikan keuntungan antara kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli.

Marketplace Ukur.com salah satunya, marketplace terlengkap yang menyediakan bahan dari toko bangunan atau apapun yang berkaitan dengan konstruksi. Dengan adanya Ukur.com yang terlengkap tersebut dapat mempermudah proses transaksi, pengaturan promosi, inventaris, sekaligus mengelola pelanggan dan penjualan dari semua cabang.

Serta mengakses informasi lainnya secara real-time atau berlangsung. Setelah semua berjalan dengan baik, maka sistem tersebut akan mencocok untuk digunakan pada segala jenis usaha dalam bidang ini berfokus pada bidang konstruksi.

Apa Itu Marketplace?

Untuk Anda yang kurang familiar dan ingin tau apa sebenarnya marketplace akan dibahas pada artikel kali ini sebelum beranjak terlalu jauh mengenai marketplace atau kumpulan toko bangunan. Marketplace merupakan sebuah pihak perantara yang memberikan sebuah fasilitasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya.

Biasanya marketplace akan berbentuk website atau aplikasi online, dimana situs marketplace menjadi pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan berbagai fitur-fitur terlengkap yang mendukung penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman. Yang mana sebenarnya konsep dari pihak perantara itu sendiri memiliki kesamaan dengan konsep  pasar tradisional.

Peran utama pihak perantara yaitu menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan, sekaligus membantu pelanggan untuk membeli barang dengan lebih sederhana dan mudah.

Selain itu transaksinya sendiri sudah diatur oleh marketplacenya. Setelah menerima pembayaran, penjual akan mengirim barang ke pembeli walaupun sebelumnya tidak bertatap muka. Hal ini membuat marketplace semakin banyak digemari oleh semua kalangan baik dari pihak penjual maupun pembeli karena keamanan dalam bertransaksinya serta kemudahannya.

Baca juga
Shopee, Tokopedia dan Bukalapak Tercatut Daftar E-commerce Barang Palsu

Akan tetapi, perlu Anda tahu bahwa marketplace, e-commerce ataupun online shop ini sering kali orang kaitkan persamaannya. Namun pada dasarnya konsep ketiga hal tersebut sama-sama menjalankan transaksi online yang membedakan adalah sistem yang berjalannya.

Jika berbicara mengenai marketplace pasti Anda sudah sering mendengar Shopee dan Tokopedia atau lainnya, akan tetapi untuk fokus bidang konstruksi Anda bisa mencari di Ukur.com. Ukur.com ini menyediakan berbagai kebutuhan bahan toko bangunan atau apapun yang berkaitan dengan konstruksi secara lengkap. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda membeli bahan toko bangunan di platform marketplace Ukur.com.

Jenis-jenis Marketplace

Seperti yang sudah diketahui bahwa kenyataannya jenis marketplace itu ada banyak, oleh sebab itu untuk memberikan pengetahuan tambahan Anda bisa memperhatikan hal ini untuk bisa membedakan sebuah marketplace tergolong jenis marketplace apa. Karena jenis marketplace sebenarnya ada dua bentuk yaitu murni dan konsinyasi.

Buat Anda yang penasaran inilah beberapa penjelasan mengenai apa yang dimaksud dalam jenis marketplace murni dan konsinyasi.

1. Marketplace Murni

Mungkin ada beberapa orang yang sudah paham, apalagi jika mendengar dari namanya saja. Akan tetapi, untuk memperkuat pengetahuan tersebut tidak ada salahnya jika memperhatikan dengan sangat baik. Anda tahu bukan jika dalam kerja sama murni biasanya marketplace hanya menyediakan fasilitas berjualan, pembayaran, dan transaksi untuk penjual.

Selain itu, dalam kerja sama yang dibangun penjual banyak mempunyai keleluasaan jika dibandingkan dengan kerja sama konsinyasi. Sebagai gambarannya seperti kustomisasi toko bangunan mereka, mulai dari mengubah tampilan, mengkategorikan produk, sekaligus memilih jasa pengiriman. Hal ini membuat kerja sama lebih terasa fleksibel dengan dukungan harus  tetap sesuai dengan peraturan dari platform yang berlaku.

Baca juga
Viral Video Pria Berpakaian Loreng Pukuli Security Gegara Paket Tak Sesuai Pesanan

Karena mempunyai yang keleluasaan lebih, jenis murni akan paling banyak dicari orang.  Tidak lupa, dalam kerja sama murni pembeli juga dapat melakukan proses penawaran harga kepada penjual produk secara bebas tanpa aturan yang mengikat dari platform jual beli tersebut.

2. Marketplace Konsinyasi

Jenis marketplace kedua datang dari marketplace Konsinyasi. Jenis kerjasama ini mengibaratkan penjual hanya perlu untuk menyediakan barang dan detail informasinya terkait produk tersebut.

Di mana pihak perantara akan mengatur secara penuh baik perihal promosi, penyimpanan, pengiriman, dan pelayanan pelanggan. Cukup berbeda dari jenis kerjasama sebelumnya, karena di jenis kerjasama ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga karena alur semua transaksi ditangani oleh situs marketplace tersebut.

Akan tetapi, sesuai berkembangnya yang ada beberapa marketplace murni sekarang telah mulai menggunakan model konsinyasi seperti menambahkan Official Store atau Mall yang menunjukkan beberapa toko bangunan yang telah melakukan kerjasama dengan pihak toko bangunan perantara atau marketplace ini.

Biasanya dari sistem manajemen dokumen akan membantu Anda untuk mengurusi dokumen kerja sama dengan pihak marketplace. Ditambah Anda tak perlu repot menggunakan kertas dan sistem ini mempunyai  tingkat keamanan data yang terjamin dengan enkripsi berlapis.

Mengapa Marketplace Konstruksi Patut Dipertimbangkan?

Banyak pebisnis konstruksi yang mulai kebingungan mencari wadah yang tepat untuk promosi, akan tetapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena Ukur.com telah memberikan fasilitas marketplace yang berguna untuk ajang promosi dengan pembeli yang memang membutuhkan toko bangunan.

Apalagi Ukur.com menyediakan keperluan terlengkap dari bahan-bahan toko bangunan atau konstruksi, sehingga kedua belah sisi akan mendapatkan keuntungan atau manfaat sendiri-sendiri.

Bagi penjual online dengan modal yang kecil, tentunya mendatangkan lalu lintas yang besar ke dalam webnya. Oleh sebab itu, alternatif paling bijak bagi usaha toko bangunan kecil adalah berjualan melalui marketplace.

Baca juga
Hasil Survei Marketplace Paling Memuaskan Pelanggan 2021

Selain itu, juga mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi hal ini sejalan dengan apa yang sudah diatur dalam sistem tersebut  para penjual hanya perlu memikirkan nama, tidak perlu rumit memikirkan website, media sosial dan bahkan pemasaran. Pemilik toko bangunan hanya perlu mempelajari cara-cara untuk mengupload produk, keterangan dalam penjualan yang perlu diisi, dan proses transaksi pembelian berlangsung di Ukur.com.

Buat Anda yang mencari toko bangunan terlengkap bisa langsung kunjungan Ukur.com, karana berbagi tawaran menarik tersaji di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan promosi dengan sangat baik untuk mendapatkan peningkatan penjualan.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ukur.com merupakan marketplace toko bangunan yang mempunyai fokus bergerak dibidang konstruksi. Didirikan sekaligus dibentuk pada saat pandemi sedang melanda tepatnya tahun 2020 oleh Felix Demas Handoko.  Felix Demas Handoko sendiri merupakan seorang pengusaha di bidang kontraktor interior sekaligus specialist di dunia digital marketing khususnya SEO.

Felix Demas Handoko percaya bahwa dengan bantuan internet maka ukur.com dapat mengundang banyak traffic atau online presence yang dapat membantu dan berguna bagi banyak orang termasuk penjual maupun pembeli, sekaligus orang yang ingin mencari informasi.

Ukur.com sendiri akan berperan sebagai marketplace atau kumpulan toko bangunan yang diharapkan mampu menjaga harga  konstruksi akan menjadi transparan dan pembeli dan penjual akan diuntungkan dengan menggunakan sistem ukur.com sebagai penengah transaksi antara kedua belah pihak.

Tinggalkan Komentar