Senin, 16 Mei 2022
15 Syawal 1443

Marquez Paling Apes hingga Pawang Hujan Mendunia, Ini 7 Fakta Unik MotoGP Mandalika 2022

jokowi motogp mandalika
Pebalap tim Red Bull KTM Miguel Oliveira (kiri) tampak berselebrasi sebelum menerima trofi juara MotoGP Grand Prix Indonesia yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022).(Foto Biro Pers)

Pebalap Miguel Oliveira berhasil mempersembahkan juara bagi KTM setelah menaklukan lintasan basah Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB, berkat penampilan yang cukup dominan di Grand Prix of Indonesia, Minggu (20/03/2022) sore.

Pebalap Yamaha Fabio Quartararo finish runner-up, 2,205 detik berselang dan Johann Zarco melengkapi podium di tempat ketiga untuk tim Pramac Racing.

Dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, ajang balap MotoGP pertama di Indonesia setelah 25 tahun itu sempat tertunda hingga satu jam menyusul hujan deras yang turun menjelang jadwal semula start pukul 15.00 WITA.

Simak sejumlah fakta unik terkait hasil MotoGP Mandalika:

1. Marc Marquez Paling Sial

Marc Marquez harus menelan pil pahit di MotoGP Mandalika 2022. Marquez menjadi pebalap paling sial di MotoGP Mandalika 2022.

Marquez tercatat sudah empat kali jatuh yang terjadi sejak sesi latihan bebas hingga kualifikasi. The Baby Alien pun sampai Absen di Race MotoGP karena Cedera otak.

Baca juga
Mahfud Kembali Tegaskan Sikap Jokowi: Tidak Ada Penundaan Pemilu 2024

2. Pawang Hujan Mandalika Mendunia

Karena diguyur hujan deras, Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit menurunkan pawang untuk menjinakkannya. Banyak warganet asing takjub.

Diketahui bahwa pawang hujan di Sirkuit Mandalika ini bernama Rara Istiani Wulandari yang dipercaya bisa memanipulasi hujan.

3. Miguel Oliveria Cetak Sejarah

Pebalap MotoGP tim Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira mencatat sejarah sebagai pebalap pertama yang memenangkan balapan MotoGP Mandalika.

Setelah gagal finish di seri pembuka musim 2022 Grand Prix Qatar, kemenangan itu menghasilkan 25 poin untuk Oliveira dan merangkak ke posisi keempat klasemen sementara.

4. Viral Motor Pelat Nomor Mati Bonceng Marquez

Momen ketika Marquez terjatuh dan hendak kembali ke paddock. Viral foto tangkapan layar dari siaran langsung yang menunjukkan juara dunia MotoGP delapan kali itu diboncengi sepeda motor yang nomor polisinya sudah habis alias pelat mati.

Baca juga
Pesan dari Spanyol, Saatnya Umat Islam Berpikir Masa Depan Peradaban

Dalam tangkapan layar yang menangkap momen siaran langsung gelaran MotoGP Mandalika itu motor yang digunakan pengendara untuk membonceng Marquez berplat DK dengan kondisi pajak sudah mati sejak Februari 2021 lalu.

5. Nonton Gratis di Bukit

Warga desa di sekitar Sirkuit Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ternyata bisa menonton MotoGP Mandalika 2022 dengan gratis di tiga bukit yakni Bukit Jokowi, Bukit Seger, dan Bukit Merese.

Meski begitu kawasan ini tertutup bagi masyarakat karena sejumlah pertimbangan, utamanya agar tak terlalu banyak lokasi gratisan.

6. Fabio Quartararo Tercepat

Meski Miguel menjadi Juara, Fabio Quartararo juga andil mencatatkan sejarah sebagai rider MotoGP pertama yang meraih pole position di Sirkuit Mandalika.

Baca juga
Seri Lagi, Chelsea Salahkan Badai COVID

El Diablo julukannya mampu mencatatkan putaran lap tercepat sejak sesi latihan bebas hingga kualifikasi yakni 1 menit 31,067.

7. Presiden Jokowi Naik Podium Serahkan Trofi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga hadir pada perhelatan perdana Motogp Mandalika. Jokowi naik ke podium di Sirkuit Mandalika menyerahkan trofi ke Miguel Oliveira sebagai pemenang MotoGP Mandalika 2022.

Selain Oliveira, Presiden Jokowi juga menyerahkan trofi kepada dua penghuni podium lainnya yakni juara dunia dari tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan untuk Rider tim Pramac Racing Johann Zarco.

Tinggalkan Komentar