Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Masih Berduka, Airlangga Tidak Mau Bicara Pengganti Tjahjo

Senin, 04 Jul 2022 - 14:39 WIB
116 - inilah.com
Airlangga Hartarto (tengah) tidak mau membicarakan pengganti Tjahjo Kumolo menjabat Menpan RB karena masih dalam suasana duka. Foto: Antara

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, tidak mau terlibat kasak-kusuk pengganti mendiang Tjahjo Kumolo menjabat Menpan RB. Sejauh ini, parpol-parpol koalisi pemerintah belum melakukan pembicaraan terkait kekosongan posisi Menpan RB.

Airlangga menilai tidak elok membahas persoalan itu karena masih dalam suasana duka. “Tidak ada pembicaraan dan kita masih dalam suasana duka. Jadi agak kurang elok membicarakan hal tersebut,” ujar Airlangga, kepada wartawan, di Jakarta, Senin (4/7/2022).

Airlangga sendiri menganggap almarhum Tjahjo Kumolo sebagai senior dan mentor. Sosok yang tidak sungkan memberikan data-data dan masukan tentang kepemerintahan maupun politik. “Jadi, saya sangat kehilangan seorang yang sangat baik,” kata Airlangga saat melayat ke rumah duka di Kompleks Widya Candra, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Baca juga
Bertemu PM Singapura, Airlangga Bahas Kerja Sama Ekonomi Digital

Posisi Menpan RB diyakini bakal kembali dijabat oleh politisi PDIP. Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menyatakan partai menyerahkan sepenuhnya penunjukkan Menpan RB kepada Presiden Jokowi selaku pemegang hak prerogatif.

“Tentu saja kita sadari maklumi bahwa itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi,” kata dia.

Secara internal, lanjut Djarot, belum ada pembicaraan mengenai kader yang bakal dipercayakan masuk menjadi anggota kabinet. Sebab, PDIP juga masih dalam suasana duka.

“Kami tidak pernah meminta-minta jatah. Kami serahkan semua kepada Pak Jokowi untuk kebaikan negeri ini supaya mereka semua ini para pembantu presiden itu betul-betul bisa bekerja keras untuk mewujudkan visi misi Pak Jokowi dan mewariskan yang baik bagi bangsa kita ini, termasuk di Kementerian PAN RB,” ujarnya.

Baca juga
Bercermin dari Anggota DPR Harvey Malaiholo, Ini Efek Kebanyakan Nonton Video Porno

Kursi Menpan RB lowong karena sepeninggal Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia di RS Abdi Waluyo pada Jumat pekan lalu karena menderita infeksi paru-paru.  Almarhum dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Tinggalkan Komentar