Masih Pakai WhatsApp di 40 Model Smartphone Ini, Buruan Ganti

Masih Pakai WhatsApp di 40 Model Smartphone Ini, Buruan Ganti - inilah.com
(ist)

Jika masih memakai WhatsApp di smartphone dalam daftar di bawah ini, ada baiknya segera ganti ponsel Android atau iOS yang lebih anyar. Karena pihak WhatsApp telah mengumumkan bahwa aplikasi perpesanan tersebut tak lagi bisa digunakan untuk gawai yang masih menggunakan sistem operasi lawas. Kebijakan ini bakal mulai berlaku per 1 November 2021.

Melansir Screenrant, pembaharuan aplikasi WhatsApp akan dilakukan secara terbatas, sehingga tak lagi tersedia pada sistem operasi versi Ice Cream Sandwich atau Android 4.0.4 ke bawah.

Sedangkan untuk iPhone, WhatsApp tak bisa digunakan lagi untuk sistem operasi iOS 9 ke bawah. Hanya perangkat dengan iOS 10 atau terbaru yang masih menggunakan aplikasi ini beserta fitur-fiturnya.

“Kami menyediakan dukungan dan menyarankan untuk menggunakan perangkat berikut ini: Ponsel Android yang menjalankan OS 4.1 dan yang lebih baru, iPhone yang menjalankan iOS 10 dan yang lebih baru, dan ponsel tertentu yang menjalankan KaiOS 2.5.1 yang lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2,” demikian di sampaikan WhatsApp melalui situs resminya.

Baca juga  Korut Serem, Urusan Jaket Sampai Film Bisa Dihukum Mati

Menurut The National News, Ada sekitar 40 gawai yang mulai 1 November nanti tidak bisa lagi menggunakan aplikasi yang ada di bawah naungan grup Facebook ini, antara lain:

Apple


iPhone SE (generasi pertama), 6s dan 6s Plus, kecuali mereka diperbarui ke iOS 10 setidaknya.

Samsung


Galaxy Trend II, Galaxy SII, Samsung Galaxy Trend Lite, Galaxy S3 mini, Galaxy Ace 2, Galaxy Xcover 2, dan Galaxy Core

LG

LG Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6,

Berlaku , Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD dan 4X HD, dan Optimus F3Q

Baca juga  Empat Ponsel China Siap Meluncur di Indonesia Pekan Ini

Huawei

Huawei Ascend G740, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, dan Ascend D2

Sony


Sony Xperia Neo L, Sony Xperia Miro, dan Xperia Arc S

ZTE

ZTE Grand S Flex, ZTE V956, Grand Memo dan Grand X Quad V987

smartphone lainnya


Lenovo A820, HTC Desire 500, Alcatel One Touch Evo 7, Archos 53 Platinum, Faea F1, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, UMi X2, dan THL W8
.

Solusinya bila gawai kalian sistem operasinya sudah mentok alias tidak lagi kompatibel menggunakan WhatsApp, maka disarankan untuk menggunakan perangkat baru yang sistem operasinya sesuai persyaratan.

Baca juga  Enam Penyakit yang Timbul Akibat Asap dan Debu Vulkanik Serta Cara Pencegahannya

Bila sistem operasi yang tersedia masih kompatibel untuk menggunakan aplikasi ini, maka hanya dapat digunakan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat di satu waktu.

“Tidak tersedia opsi untuk mentransfer riwayat chat antarplatform, tetapi kami menyediakan opsi untuk mengekspor riwayat chat Anda sebagai lampiran email,” jelas whatsapp.

Untuk itu jangan lupa untuk mencadangkan percakapan WhatsApp agar isi pensan yang ada di dalam aplikasinya tidak hilang dengan cara: Pilih dan masuk menu “Setelan”. Pilih “Chat/Percakapan. Kemudian pilih “Cadangan Percakapan.”

Nah, jangan lupa buat cek sistem operasi di ponsel kalian ya, supaya bisa tahu ketersediaan pembaharuan WhatsApp. Jangan sampai tiba-tiba kaget karena aplikasinya sudah enggak bisa dibuka lagi atau sering force close karena sistem operasinya sudah tidak kompatibel.

Tinggalkan Komentar