Minggu, 07 Agustus 2022
09 Muharram 1444

Masih Pandemi, Ini Tips Aman dan Nyaman Bepergian Naik Pesawat

- inilah.com

Pesawat merupakan alat transportasi yang banyak dipilih karena memungkinkan penggunanya lebih cepat sampai ke tujuan saat bepergian. Selain waktu perjalanan yang singkat,  pesawat juga menawarkan kenyamanan bagi para penumpang karena telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

Salah satu maskapai yang memiliki layanan penerbangan di Indonesia adalah Air Asia. Fasilitas yang tersedia di pesawat Air Asia antara lain bagasi kabin dan bagasi pesawat, makanan, asuransi, bebas memilih kursi, bisa mengubah jadwal penerbangan, dan sebagainya. Meskipun demikian, agar dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman, apalagi masih di dalam kondisi pandemi, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1.     Berada Dalam Kondisi Fit

Kondisi tubuh yang fit akan membuat Anda tidak mudah terserang virus penyakit. Anda pun bisa bergerak dengan lebih sigap dan cekatan karena badan memiliki energi yang memadai untuk beraktivitas. Kemampuan ini sangat dibutuhkan, terutama saat menempuh perjalanan yang jauh dan melelahkan.

Untuk menjaga kebugaran, perhatikan pola makan dan istirahat sebelum memulai perjalanan naik pesawat. Melakukan gerak tubuh ringan pun akan sangat membantu membuat tubuh lebih bertenaga. Apabila tubuh terasa kurang segar, Anda bisa mengonsumsi vitamin terlebih dahulu.

2.     Rencanakan Rute ke Bandara

Anda juga perlu merencanakan rute sekaligus alat transportasi yang akan digunakan saat menuju bandara atau pun dari bandara ke tempat tujuan. Hal ini sebaiknya diatur sejak awal supaya Anda tidak bingung dan kesulitan, terutama jika berkunjung ke tempat yang baru. Setidaknya, lakukan riset mengenai transportasi yang tersedia.

Baca juga
Simak Tips Bijak Gunakan PayLater saat Berbelanja  

Selain itu, merencanakan rute beserta jam keberangkatan dari rumah akan membantu Anda menjangkau bandara pada waktu yang tepat. Apabila Anda mengandalkan transportasi umum atau tanpa persiapan lain, kemungkinan untuk telat dan tidak jadi berangkat akan lebih besar.

3.     Bawa Keperluan Pribadi

Jika Anda baru pertama kali naik pesawat, tidak perlu cemas atau bingung. Asal telah mempersiapkan keperluan yang penting, perjalanan pasti akan lancar sampai ke tujuan. Keperluan tersebut antara lain dokumen pribadi yang dibutuhkan, alat kebersihan seperti hand sanitizer, tisu, dan sabun cuci tangan, serta perlengkapan pelindung seperti masker.

Jika tidak tahan dengan suhu dingin, Anda juga bisa membawa selimut atau baju hangat untuk digunakan selama dalam pesawat. Obat-obat pribadi yang biasa dipakai juga perlu dipersiapkan dalam tas yang mudah dijangkau. Jangan lupa, sediakan pula air minum secukupnya.

4.     Pilih Jadwal Penerbangan yang Ideal

Untuk menghindari kepadatan, pilih jadwal penerbangan yang tidak terlalu ramai. Pagi hari atau malam hari merupakan jadwal yang tidak terlalu populer karena butuh upaya lebih untuk mempersiapkan diri. Namun, upaya yang dilakukan tersebut sepadan dengan keamanan dan kenyamanan yang akan diperoleh.

Akhir pekan juga merupakan waktu yang banyak dipilih untuk bepergian. Pada akhir pekan, harga tiket biasanya lebih mahal daripada saat hari kerja. Jadi, jika memungkinkan, pilihlah hari biasa saja untuk bepergian dengan pesawat.

Baca juga
Dorong Geliat Pariwisata, Traveloka Epic Sale 2022 Hadirkan Diskon hingga 80%

5.     Jaga Jarak Saat Mengantre

Meskipun telah membeli tiket secara online, mengantre merupakan hal yang tidak terhindarkan saat akan naik pesawat. Jika kondisi sedang padat, Anda harus mengantre untuk check-in sebelum keberangkatan. Begitu pula ketika boarding, para penumpang biasanya akan mengantre saat masuk ke pesawat.

Untuk menghindari pertemuan dengan penumpang lain, pilihlah waktu boarding paling akhir. Selain itu, usahakan untuk selalu menjaga jarak aman saat mengantre. Begitu pula saat akan turun dari pesawat, tidak perlu berdesakan menuju pintu keluar.

6.     Waspada Saat Membawa Anak

Jika Anda mengajak anak bepergian ke kota lain dengan naik pesawat, tingkatkan kewaspadaan. Anak yang belum mendapatkan vaksin COVID-19 rentan tertular virus saat berada di pesawat. Karena itu, jangan sampai lengah, misalnya dengan tidak tertib menggunakan masker.

Untuk mengurangi risiko, pilihlah penerbangan dengan penumpang yang tidak terlalu banyak. Saat naik pesawat, pastikan anak juga sedang berada dalam kondisi badan yang sehat. Supaya tidak rewel karena jenuh, persiapkan segala kebutuhan anak, seperti makanan, susu, atau mainan favoritnya.

7.     Lengkapi Dokumen yang Diperlukan

Selain membawa dokumen pribadi berupa KTP, penumpang yang bepergian naik pesawat pada masa kini harus dilengkapi dokumen hasil tes bebas COVID-19. Dokumen ini membuktikan bahwa penumpang tidak sedang sakit dan aman bepergian bersama penumpang lain di pesawat. Dokumen lain berupa kartu vaksin yang dimiliki penumpang.

Baca juga
Begini 5 Manfaat Pakai Paylater Traveloka, Langsung Coba?

Setiap maskapai dapat menerapkan aturan khusus yang harus dijalankan terkait penyediaan dokumen. Supaya proses perjalanan lebih lancar, ketahui apa saja syarat yang harus dipenuhi tersebut sebelum keberangkatan. Kemudian, persiapkan semua dokumen dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau.

8.     Bersihkan Kursi dan Area Duduk

Demi keamanan, Anda juga perlu membersihkan kursi maupun area duduk di pesawat. Mulai dari sandaran kepala, sabuk pengaman, lengan kursi, hingga meja baki di depan Anda sebaiknya diseka terlebih dahulu dengan tisu antiseptik. Tindakan ini membuat risiko Anda terkontaminasi virus lebih minimal.

Nah, inilah beberapa tips penting bagi Anda yang akan naik pesawat pada saat pandemi. Apabila telah melakukan persiapan dengan baik sebelum berangkat atau saat berada di pesawat, Anda pun tidak perlu merasa terlalu cemas. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Jangan lewatkan juga promo spesial 12.12 dari Traveloka, Anda bisa berburu tiket pesawat harga ramah kantong dan diskon menarik! Terbang hemat di Indonesia dengan diskon hingga 600 ribu! Yuk, langsung saja cek promo lengkapnya di Traveloka Lifestyle SuperApp!

Tinggalkan Komentar