Senin, 30 Januari 2023
08 Rajab 1444

Masih Trauma, Warga Cianjur Berhamburan ke Luar Rumah Imbas Gempa Garut

Sabtu, 03 Des 2022 - 18:22 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Gempa 1 - inilah.com
Warga yang juga relawan PMI Cianjur, berhamburan keluar imbas gempa yang yang berpusat di Kabupaten Garut, Jabar, Sabtu (3/12/2022). (Foto: Antara/Ahmad Fikri).

Gempa dengan Magnitudo 6,4 terpusat di Kabupaten Garut, dirasakan cukup kencang oleh warga di Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Oleh karena itu, warga yang masih trauma imbas gempa belum lama ini kembali berhamburan keluar dari dalam rumah dan perkantoran menuju lapangan terbuka, Sabtu sore (3/12/2022).

Seperti dikutip Antara, gempa yang terjadi selama 10 detik itu membuat warga yang berada di dalam rumah berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Cianjur, Fajar Aciana, mengatakan getaran gempa cukup keras terasa. Meskipusat gempa berada di Kabupaten Garut. Puluhan relawan yang sedang bertugas melakukan pendataan dan pelayanan kesehatan di Markas PMI Cianjur turut berlarian ke luar ruangan.

Baca juga
Gempa Sebabkan Kerusakan Sejumlah Bangunan di Kota Jayapura

Fajar kemudian bersama rekan-rekannya langsung berkoordinasi dengan posko terpusat Pemkab Cianjur terkait dampak gempa yang dirasakan sekitar 10 detik itu. PMI juga masih menangani dampak gempa yang terjadi.

“Kami masih melakukan koordinasi dan mengirim relawan ke lapangan untuk melakukan pendataan. Semoga gempa Garut ini, tidak membuat warga Cianjur bertambah trauma,” katanya.

Sementara pewarta yang sedang menunggu konperensi pers di Pendopo Cianjur, berhamburan keluar dari area pendopo. Sebab, mereka merasakan getaran yang cukup kencang. Mereka bertahan di area parkir kantor Bupati Cianjur, guna mengantisipasi gempa susulan.

“Sudah pasti panik, Kang. Karena gempa susulan yang kami pikir terpusat di Cianjur, kembali mengguncang. Gempa M 5.6 yang mengguncang Cianjur dua pekan lalu masih menyisakan trauma bagi kami dan warga Cianjur,” kata Ikbal Selamet, salah seorang pewarta.

Baca juga
Pengungsi Gempa Pasaman Barat Memilih Pulang ke Rumah

 

 

 

Tinggalkan Komentar