Masjid-Musala Terima Bantuan Rp6,9 Miliar, Ini Syaratnya

Masjid-Musala Terima Bantuan Rp6,9 Miliar, Ini Syaratnya - inilah.com

Sejumlah masjid dan musala yang terdampak Covid-19 akan menerima bantuan dari Kementerian Agama (Kemenag) sebesar Rp6,9 miliar untuk biaya operasional selama pandemi.

Bantuan tersebut akan dibagi rata kepada masjid dan musala yang membutuhkan. Rinciannya adalah Rp20 juta untuk tiap masjid dan Rp10 juta untuk musala.

Nantinya bantuan uang itu bisa digunakan untuk meringankan beban biaya operasional tempat ibadah seperti listrik, air atau peralatan protokol kesehatan (prokes) seperti hand sanitizer atau masker.

Bagaimana cara mendapatkan bantuan tersebut?

Kemenag memberikan syarat, pengurus masjid atau musala harus mengikuti beberapa prosedur permohonan bantuan terlebih dahulu. Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Subdirektorat Kemasjidan Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Abdul Syukur.

Baca juga  Wajib PCR dan Karantina, Biaya Umrah Naik 30 Persen

“Masjid atau musala harus terdaftar pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kementerian Agama dan harus memiliki rekening bank atas nama masjid atau musala,” ujarnya.

Tak hanya itu, wilayah masjid atau musala yang berhak menerima yaitu yang terdampak atau daerahnya terpapar Covid-19. Dokumen persyaratan itu langsung ditujukan kepada Menteri Agama melalui Dirjen Bimas Islam/Direktur Urais Binsyar.

Selanjutnya, dokumen itu diunggah pemohon ke laman https://simas.kemenag.go.id/page/permohonanbantuan. Adapun permohonan diajukan paling lambat pada 12 September 2021 secara online.

“Seluruh sistem dan mekanisme pengajuannya akan dilakukan secara online,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar