Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

Massa Akar Rumput PKS Dukung Pencapresan Anies

Selasa, 21 Jun 2022 - 11:19 WIB
Antarafoto Rapimnas Dpp Pks 2022 200622 Riv 7 - inilah.com
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kiri) bersama Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohammad Sohibul Iman (kedua kiri), Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi (kedua kanan) dan Bendahara Umum PKS Mahfudz Abdurrahman (kanan) menghadiri Rapimnas DPP PKS 2022 di Jakarta, Senin (20/6/2022). Rapimnas yang diselenggarakan pada tanggal 20-21 Juni 2022 itu beragendakan penentuan kriteria calon presiden yang bakal diusung oleh PKS dalam Pemilu 2024. Foto: Antara

Gubernur DKI Anies Baswedan kemungkinan bakal diusung sebagai calon presiden (capres) oleh PKS pada Pilpres 2024. Pasalnya hasil survei internal PKS mengungkapkan masyarakat pada akar rumput dominan memilih Anies sebagai capres.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Mohammad Sohibul Iman menyebutkan, Rapimnas PKS yang digelar di Hotel Sahid, Jakarta, selama 20-21 Juni 2022 bakal memetakan nama-nama yang berpeluang untuk diusung, sekaligus memastikan adanya dampak efek ekor jas kepada partai. Rakernas juga membahas parpol yang potensi digandeng untuk koalisi.

“Hasil survei, banyak pemilih PKS cenderung kepada Anies Baswedan,” kata Sohibul Iman, di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Dia tidak menampik adanya nama-nama kepala daerah lain yang menjadi aspirasi internal. Bahkan nama Menhan Prabowo Subianto juga masuk bursa capres.

Sohibul mengungkapkan, panitia rapimnas bakal meminta kepada ketua dewan pimpinan wilayah (DPW) PKS seluruh Indonesia untuk menyampaikan pendapat terkait nama-nama bakal capres. “Kemungkinan mereka menyebutkan tiga nama,” ujarnya.

Sohibul mengungkapkan PKS telah memutuskan dalam musyawarah Majelis Syuro, menokohkan Salim Segaf Aljufri menjadi tokoh nasional. Posisi Salim juga bakal dibahas apakah nantinya menjadi capres, cawapres atau king maker pada 2024.

Dia juga memastikan PKS tidak menutup pintu bagi figur eksternal yang potensial diusung sebagai capres. Bahkan capres yang diusung tidak wajib menjadi kader parpol.

Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi menyebutkan, gelaran rapimnas menjadi momentum konsolidasi dan memastikan strategi partai untuk pemenangan Pemilu 2024. “Kami harus memanfaatkan sisa waktu 601 hari ini dengan baik. Oleh karena itu, perlu ada kesatuan langkah dalam pemenangan,” ujarnya.

Tinggalkan Komentar