Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Densus Ingatkan Masyarakat Waspadai Khilafatul Muslimin Usai Konvoi Khilafah

Kamis, 02 Jun 2022 - 10:51 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Screenshot 20220530 231326 Chrome - inilah.com
Tangkapan layar rombongan pengendara motor bawa atribut khilafah saat melintas di Cawang, Jakarta, Minggu (29/5/2022). Foto: Antara/Twiter/@miduk17/Yogi Rachman

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kelompok Khilafatul Muslimin. Sebab, secara historis kelompok ini ada keterkaitan dan punya arah dengan peristiwa teror di Indonesia.

“Bagi masyarakat atau siapa pun yang bergabung dalam kelompok itu, memiliki sejarah panjang keterkaitan dengan berbagai teror dan radikal,” kata Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar dilansir Antara, Rabu malam (1/6/2022).

Pernyataan Aswin seiring mencuatnya aksi kelompok Khilafatul Muslimin melakukan konvoi menggunakan sepeda motor di wilayah Jakarta Timur, Minggu (29/5/2022). Mereka menarik perhatian pengguna jalan lantaran membawa atribut khilafah.

Baca juga
Konvoi Khilafah di Brebes Ditangkap, Tiga Orang Jadi Tersangka dan Terancam 15 Tahun Penjara

Aswin menjelaskan, Densus 88 pernah menangkap pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qodir Baraja. Penangkapan menyangkut dugaan keterkaitan dengan terorisme. Menurut Aswin, Abdul Qodir Baraja,pernah bergabung dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

“Kalau kita lihat dari pendiri kelompok ini atau gerakan ini, dekat sekali dengan kelompok-kelompok radikal, seperti NII,” ungkapnya.

Selain itu, Aswin menyebut, beberapa orang di tersebut juga pernah ditangkap karena terlibat terorisme dan radikalisme.

Tinggalkan Komentar