Kamis, 19 Mei 2022
18 Syawal 1443

Masyarakat Perlu Tahu Perbedaan Istilah Isolasi dan Karantina

Masyarakat Perlu Tahu Perbedaan Istilah Isolasi dan Karantina

Karantina dan isolasi sama-sama berperan penting untuk pengendalian kasus COVID-19 baik dari eksternal maupun internal. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan soal perbedaan definisi karantina dan isolasi.

Definisi karantina adalah upaya memisahkan dan membatasi diri dari orang lain setelah seseorang terpapar dengan faktor risiko penularan. Baik berkontak erat maupun hal lainnya, yang dapat meningkatkan potensi penularan, seperti bepergian jarak jauh.

Sementara isolasi, adalah upaya pemisahan dan pembatasan diri dari interaksi. Mengingat telah merasakan gejala COVID-19 atau terkonfirmasi positif melalui tes diagnostik atau PCR yang dilakukan.

Jadi karantina dan isolasi sama-sama merupakan upaya memisahkan diri sekaligus membatasi interaksi sosial dari orang lain. Tujuannya saling menjaga untuk tidak memperparah gejala bagi kasus positif maupun meminimalkan keterpaparan kontak erat atau pelaku perjalanan terhadap faktor risiko penularan yang ada di sekitarnya.

Baca juga
Jepang Bakal Longgarkan Kontrol Perbatasan

“Saat ini prosedur rinci seputar karantina dan isolasi di Indonesia untuk pelaku perjalanan ke luar negeri mengacu kepada surat edaran Satgas Penanganan COVID-19. Dan, surat edaran Kementerian Kesehatan terkini,” kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual lewat YouTube BNPB.

Wiku menyampaikan soal perbedaan definisi karantina dan isolasi agar masyarakat memahami pentingnya menjalankan kedua upaya tersebut untuk menekan laju penularan secara signifikan.

Tinggalkan Komentar