Kamis, 30 Juni 2022
01 1444

Mayoritas Pemilih PKS Jagokan Anies di Pilpres 2024

Senin, 20 Jun 2022 - 19:15 WIB
0618 053139 A2e4 Inilah.com E1655548325137 - inilah.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Antara

Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menyebut mayoritas kantong suara pemilih PKS menjagokan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini sesuai dengan survei internal PKS dan lembaga lain yang menempatkan Anies di posisi atas.

“Kalau melihat survei beberapa lembaga, paling besar ke Anies Baswedan. (Survei internal PKS) Anies itu 60 persen,” kata Sohibul di sela Rapimnas PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Dia menjelaskan, posisi puncak Anies di survei internal PKS mengalahkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sandiaga Salahuddin Uno hingga Ganjar Pranowo.

Baca juga
APJII: Pengguna Internet di Indonesia Kini Berjumlah 210 Juta

“Di bawah itu masih banyak milih prabowo 20 persen, Anies 60 persen. Sandi dan ada beberapa persen kecil Ganjar. Masih ada survei,” jelasnya.

Namun, PKS masih akan menggodok siapa calon presiden (capres) yang akan diusung. Kendati nama Anies Baswedan memuncaki hasil survei internal. Upaya menggodok capres juga sejalan menentukan arah koalisi di Pilpres 2024.

“Kalau hasil survei menunjukkan pemilih PKS itu cenderung Anies, secara survei. Di forum ini (Rapimnas) belum ada,” terang Sohibul

Menurut dia, dalam Rapimnas yang berlangsung dua hari, akan ada sesi panitia meminta usulan DPW menyampaikan nama capres yang bisa memunculkan coattail effect (efek ekor jas).

Baca juga
Kiper Panathinaikos Cyrus Margono Siap Merapat ke Timnas Indonesia Tanpa Naturalisasi

“Ada tiga nama yang diusulkan. Kami (juga) berikan waktu menyampaikan partai apa saja yang kondusif diajak koalisi sesuai dengan daerah masing-masing. Kita akan ada memiliki peta di daerah masing-masing,” tegas Sohibul.

Tinggalkan Komentar