Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Memasak Menu Sahur Praktis Hanya 10 Menit

Menu Sahur
Sup Jagung Ayam

Menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa adalah sebuah hal yang menyenangkan. Anda mungkin lebih memilih memasak menu praktis yang tidak ribet agar tidak memakan waktu yang banyak terlebih saat sahur.

Berdasarkan survey, 51 persen masyarakat Indonesia lebih memilih memasak di rumah saat bulan Ramadan, sementara sebanyak 44 persen memilih untuk memasak dan membeli makanan secara bergantian.

Untuk mendukung kenyamanan masyarakat dalam menciptakan hidangan sahur dan berbuka puasa yang lezat, Anda bisa menambahkan produk olahan termasuk susu, butter, keju dan krim sebagai bentuk tambahan cita rasa makanan.

“Menurut berbagai penelitian mutakhir, produk turunan susu sapi yang berasal dari proses pemberian pakan alami mengandung asam lemak omega 3 lebih tinggi, asam lemak terkonjugasi (CLA) serta vitamin-vitamin larut lemak seperti vitamin A, E dan K2 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mata, daya tahan, dan tulang,” kata Riszha Gandjar, Marketing Manager Anchor, Fonterra Brands Indonesia, ditulis di Jakarta, Sabtu, (2/4/2022).

Baca juga
Manfaat Puasa Ramadan Redam Gejala Asam Lambung

Memodifikasi teknik memasak dan menyertakan susu, butter, keju dan krim yang dapat meningkatkan cita rasa dari sejumlah menu masakan rumahan seperti nasi goreng, tumis daging atau sayur, sup krim ayam jagung, hingga makanan untuk menyambut lebaran seperti kue kering, rendang, semur, dan sebagainya bisa dilakukan dengan mudah.

Chef Devina Hermawan menyiapkan resep makanan untuk sahur dan berbuka. Uniknya, membuat makanan dari resep masakan Chef Devina hanya membutuhkan waktu 10 menit.

“Inspirasi menu sahur yang saya siapkan kali ini merupakan menu sehari-hari yang pada umumnya disukai semua orang, dengan bahan yang mudah dicari dan waktu pengerjaan yang singkat. Penambahan butter dan krim sangat signifikan dalam menambah cita rasa makanan, membuat rasa makanan lebih kaya dan gurih serta aroma yang lebih harum sehingga lebih menggugah selera,” paparnya.

Baca juga
Foto: Penjualan Busana Muslim di Pasar Tanah Abang Meningkat saat Ramadan

Berikut adalah resep Sup Krim Ayam Jagung untuk 5-6 porsi persembahan chef Devina Hermawan:

Bahan marinasi:

–        250 gr dada ayam filet

–        2 siung bawang putih

–        ½ sdt mixed herbs, opsional

–        1 sdt garam

–        ½ sdm gula

–        1 sdt kaldu bubuk

–        ¼ sdt merica Jeruk nipis

Bahan sup:

–        1 buah bawang bombai, cincang

–        3 sdm Anchor Salted Butter

–        3-4 sdm terigu protein sedang

–        750 ml air

–        2 batang seledri, opsional

–        1 cup jagung pipil

–        1 sdt kaldu ayam bubuk

–        133 gr Anchor Cooking Cream

Baca juga
Sahur Bersama dan Berbagi, Mengapa Kita Tidak Melakukannya?

Langkah:

1.     Keringkan ayam dengan tisu lalu iris tipis, pindahkan ke dalam mangkuk

2.     Marinasi dengan garam, kaldu bubuk, gula, merica, bawang putih yang telah dihaluskan, sedikit perasan jeruk nipis, mustard dan mixed herbs, aduk rata

3.     Panaskan sedikit minyak, masukkan ayam masak hingga sedikit kecokelatan, tiriskan lalu potong potong

4.     Di wajan yang sama, tumis bawang bombai hingga wangi, aduk rata lalu masukkan mentega dan tepung terigu, aduk rata

5.     Masukkan air, aduk rata lalu masukkan ayam, jagung, seledri dan kaldu ayam, aduk rata

6.     Tambahkan anchor cooking cream, masak sebentar

7.     Sup krim ayam jagung siap disajikan dengan roti sebagai pelengkap.

Tinggalkan Komentar