Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

Membangun Kesadaran Literasi Keuangan Digital

Senin, 11 Apr 2022 - 22:11 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Literasi Keuangan - inilah.com
(Foto BNC)

Tingkat literasi masyarakat Indonesia terhadap berbagai produk keuangan dan perbankan masih menjadi masalah utama. Hal ini diungkapkan Vice President & Head of Marketing BNC Maritsen Darvita melihat bahwa tingkat literasi keuangan sangatlah bergantung pada tingkat pendidikan, pendapatan, hingga wilayah demografi yang ada di negara kita.

Melihat hal tersebut PT Bank Neo Commerce Tbk. (BNC) meluncurkan kampanye #BuatSemua sebagai kampanye pemasaran perdananya di tahun 2022 yang menawarkan produk perbankan berfitur lengkap hanya dalam satu aplikasi.

“Kampanye ini lahir dari besarnya gap antara antara kebutuhan finansial dan literasi keuangan di masyarakat,” kata Vice President & Head of Marketing BNC, Maritsen Darvita dalam konferensi pers virtualnya, Senin (11/4).

Maritsen menjelaskan bahwa tingkat literasi terhadap berbagai produk keuangan dan perbankan memang menjadi masalah utama di masyarakat Indonesia. Menurutnya, tingkat literasi keuangan sangatlah bergantung pada tingkat pendidikan, pendapatan, hingga wilayah demografi yang ada di negara kita.

Baca juga
Patok Bunga Tinggi, Bank Neo Commerce: Produk Simpanan Kami Tak Dijamin LPS

Sehingga menurutnya, BNC melalui kampanye #BuatSemua berusaha meningkatkan kesadaran publik bahwa financial literacy gap masih cukup besar di tengah masyarakat dan masih menjadi akar masalah dari besarnya angka underbanked (47 juta orang) dan unbanked (92 juta orang) di Indonesia.

“Saat in-depth interview dengan masyarakat Papua, kami menemukan fakta rendahnya angka kepemilikan rekening di Papua salah satunya disebabkan oleh rasa segan masyarakat pada saat mengunjungi kantor cabang bank. Selain itu, tingkat kepemilikan kartu identitas sebagai syarat pelayanan dan keterbatasan mesin ATM juga menjadi faktor lainnya,” papar Maritsen.

Whatsapp Image 2022 04 11 At 9.14.40 Pm - inilah.com

Bertemakan “Business dan Fun”, kampanye ini juga mengundang beberapa komika yang turut menghibur sambil bercerita seputar masalah keuangan mereka, salah satunya adalah, Presiden Komunitas Standup Comedy Indonesia Adjis Doaibu.

Baca juga
Transaksi di OLX Autos IMX 2022 Makin Mudah Berkat Dukungan BNC

“Layanan bank digital yang mudah, menguntungkan, dan fleksibel membuat neobank jadi favorit untuk kebutuhan perbankan kami,” jelas Adjis.

Menurut Komika yang menjabat Presiden Komunitas Stand Up Indo ini, dirinya serta banyak rekan seprofesi merasakan tentang makin butuhnya mereka atas layanan perbankan digital yang mudah dan menjawab berbagai kebutuhan keuangan yang makin kompleks saat ini.

“Dari zaman dulu sampai sekarang ini, urusan bank selalu menjadi perkara yang rumit. Kombinasi kesibukan kerjaan plus kebutuhan layanan bank yang lengkap dan cepat membuat neobank jadi solusi pasti buat kita ini,” kata Adjis.

Menurutnya, di era modern ini bank digital akan memimpin pelayanan perbankan kepada masyarakat luas. Tidak perlunya datang dan antre di kantor bank, serta pelayanan online yang mudah diakses dan dipahami semua kalangan adalah keunggulan bank digital.

Tinggalkan Komentar