Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Membangun Narasi Positif dan Memberikan Mimpi untuk Masyarakat

Jumat, 01 Jul 2022 - 19:46 WIB
Penulis : inilah
Editor : Ibnu Naufal
membangun narasi positif
Foto ist

Sayembara berhadiah menjadi cara Duta Besar RI untuk Spanyol dan UWTO, Muhammad Najib, mendekatkan masyarakat dengan diplomasi pada Jumat, (01/07/2022). Netizen di berbagai belahan dunia turut takjub dengan jurus jitu Dubes Najib yang memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk merayakan 17an di negeri Real Madrid. Merayakan 17 Agustus di KBRI menjadi kegiatan tahunan yang paling dinantikan orang Indonesia ketika merantau di negeri orang.

Kepada media, Dubes Najib membeberkan alasannya memberi kesempatan orang Indonesia berkunjung ke Spanyol melalui cara sayembara, sebagai cara untuk tetap memeriahkan HUT RI di tengah suasana pandemi yang belum sepenuhnya berakhir. Selain itu, momentum HUT RI perlu digunakan untuk mengenang para pahlawan dan pejuang kemerdekaan, pada saat bersamaan kita harus terus menghidupkan spiritnya untuk masyarakat luas.

Sayembara dilakukan sebagai cara KBRI membagi mimpi dan harapan bagi masyarakat untuk bisa berkunjung ke Spanyol dengan cara pintas. Bagi Dubes, mimpi atau cita-cita dapat melahirkan motivasi atau obsesi yang diharapkan akan mendorong semangat belajar dan kerja keras, yang bermuara pada kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara.

Baca juga
Kunjungan Komisi VIII DPR RI Ke Madrid Perkuat Dialog Islam Indonesia-Spanyol
Whatsapp Image 2022 07 01 At 19.38.23 (1) - inilah.com
Duta Besar RI untuk Spanyol dan UWTO, Muhammad Najib

Di era media sosial saat itu, manfaat membina masyarakat melalui media sosial semakin mendesak, mengingat media sosial kita kini didominasi oleh narasai negatif, kebencian, dan permusuhan, sehingga perlu diimbangi oleh narasi positif, persaudaraan, dan persatuan.

Acara undian yang dilakukan secara live pada 1 Juli 2022, disaksikan secara langsung oleh sejumlah Youtuber Indonesia di Spanyol, diantaranya: Bayu dan Clara dari akun setengah bule yang datang dari Barcelona, Dewi Pobo dan Plangi Vidal mewakili kota Castellon, Noveri Iglesias dari Malaga, serta Ali Saleh Bazan dan Anna dari Valladolid.

Mereka yang beruntung kali ini adalah: Dwi Eko Miranty dan Damajanti Surjana. Keduanya dan para pendamping diharapkan segera mengirimkan data-data pribadi khususnya berupa paspor, agar tiket segera bisa diurus panitia. Sementara yang belum beruntung, Dubes mohon dukungan dan doanya, agar bisa mengadakan acara serupa di masa mendatang.

Baca juga
Ke-Islaman dan Ke-Indonesian Perlu Terus Digelorakan

Keterlibatan para youtuber dan influencer sangat berarti bagi KBRI dalam melakukan desiminasi informasi dan pembinaan masyarakat secara umum serta dalam pelaksanaan misi diplomasi Indonesia di Spanyol melalui citizen diplomacy.

Tinggalkan Komentar