Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Menakar Persiapan Minim Timnas Indonesia Jajaki SEA Games 2021

Timnas U-23
Timnas Indonesia mendapat pengarahan dari pelatih (foto msn)

Target mendulang emas yang digaungkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kepada timnas sepakbola Indonesia di SEA Games 2021 dinilai tidak dibarengi dengan persiapan matang anak-anak Garuda.

Pengamat sepakbola Indonesia, Akmal Marhali menyadari bagaimana minimnya ancang-ancang skuad asuhan Shin Tae-yong menatap SEA Games 2021 dengan target emas.

“Bukan tugas mudah. Persiapan akan menentukan hasil di lapangan. Dan ini salah satu problem yang dihadapi Asnawi Mangkualam cs. Timnas baru akan melakukan pemusatan latihan pada 8-29 April di Korea Selatan dengan lawan ujicoba yang belum jelas. Praktis tidak sampai sebulan,” tulis Akmal di Instagram, Jumat (8/4/2022).

Baca juga
'Hanya' Raih Perak, Perenang Nasional Ini Kecewa

Akmal juga menyayangkan sikap PSSI dan Menpora yang meminta target tinggi sementara lawan-lawan yang bakal dihadapi timnas persiapannya jauh lebih mentereng. Sebut saja, Thailand dan tuan rumah Vietnam yang merupakan dua tim unggulan dengan sarat agenda lawatan turnamen sebelum menyongsong SEA Games mendatang.

“Bandingkan dengan rival dalam perburuan medali emas seperti Vietnam dan Thailand yang sudah mempersiapkan diri dengan matang. Vietnam dan Thailand sudah uji kemampuan di final #affchampionshipu23 dimana Vietnam tampil sebagai juara,” ucap Akmal.

“Indonesia yang berstatus juara bertahan memilih tidak ikut dengan alasan COVID-19 padahal para pemainnya tetap tampil di @liga1match Vietnam dan Thailand juga baru saja ambil bagian di #DubaiCupU23,” tambahnya.

Baca juga
Tiga Pemain Persib Masuk Skuad Timnas U-23 ke SEA Games 2021

Kejar target dadakan

Jika diselisik, penuturan Akmal memang ada benarnya. Persiapan timnas yang cenderung lebih matang terlihat pada tim U-19 yang kini sudah melakoni pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan hampir satu bulan.

Sementara, agenda TC untuk 29 pemain SEA Games 2019 yang notabene skuad U-23 baru akan berlangsung pada Minggu depan. Tepat sebulan sebelum SEA Games 2021 di Vietnam berlangsung.

Demi mengejar target dengan persiapan ‘dadakan’ ini, Shin Tae-yong akan meminta kepada PSSI agar lebih cepat tiba di Vietnam selepas TC di Korea Selatan, agar semua pemain bisa lekas beradaptasi.

Baca juga
Eki Febri Sabet Emas Pertama Atletik dari Tolak Peluru

Untuk diketahui, Tim nasional U-23 Indonesia bergabung dengan tuan rumah Vietnam, lalu Myanmar, Filipina dan Timor Leste di Grup A cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021.

Grup tersebut bisa dikatakan berat lantaran selain berstatus tuan rumah, Vietnam merupakan salah satu kekuatan utama sepak bola di Asia Tenggara saat ini.

Pada pertemuan menghadapi Vietnam di final SEA Games 2019, Filipina, Indonesia kalah dengan skor 0-3 dan harus puas dengan medali perak. [AHA]

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh akmalmarhali (@akmalmarhali20)

Tinggalkan Komentar