Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Menaker Dukung WFH Cegah Kemacetan Arus Balik

Minggu, 08 Mei 2022 - 10:49 WIB
5dfd0f85 24a8 4981 A288 B032c2a4538d - inilah.com
Menaker Ida Fauziyah mendukung penerapan WFH untuk mencegah kemacetan saat arus balik. Pengusaha dan buruh diminta berkoordinasi. Foto: Antara

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendukung sistem remote atau bekerja dari rumah (work from home/WFH) bagi pekerja yang sedang mudik agar tak kembali pada saat puncak arus mudik 6-8 Mei 2022. Ida meminta pengusaha bersama pekerja atau buruh yang mudik Lebaran berkoordinasi agar WFH sementara waktu bisa terlaksana.

Menurut Ida, skema WFH sudah familiar di kalangan pengusaha termasuk pekerja karena selama dua tahun belakangan, perusahaan menerapkan itu untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kali ini skema WFH dianggap penting diterapkan untuk mencegah kemacetan saat arus mudik.

“Tentunya, pelaksanaannya harus berdasarkan kesepakatan bersama dengan memperhatikan aturan yang berlaku di masing-masing tempat kerja,” kata Menaker, di Jakarta, Sabtu (7/5/2022) malam.

Baca juga
Begini Cara PLN Jamin Keandalan Listrik Selama Arus Balik Lebaran

Dia meyakini pelaksanaan WFH tersebut bisa diwujudkan selama terjalinnya kesepakatan antara pengusaha dan buruh berdasarkan dialog. Namun yang lebih penting pelaksanaannya berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

“Sistem ini tentunya sudah cukup familiar bagi kita di mana pengaturan ini pernah bersama-sama kita lakukan selama pandemi COVID-19. Sistem ini bisa diterapkan sementara waktu guna menghindari kepadatan puncak arus balik,” ujarnya.

Dia meyakini penerapan WFH bagi pekerja yang kembali ke Jakarta dan sekitarnya dapat mengatasi persoalan kemacetan saat arus mudik. Menpan RB Tjahjo Kumolo bahkan telah meminta seluruh instansi untuk menerapkan WFH selama sepekan dimulai Senin (9/5/2022) bukan hanya untuk mencegah kemacetan arus balik tetapi isoman ASN selepas mudik.

Baca juga
9 Anggota Positif COVID-19, Wakil Rakyat di Senayan WFH Mulai Hari Ini

“Sebagaimana imbauan Bapak Presiden Jokowi bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi pada momen Idul Fitri tahun ini, untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik,” kata Ida.

Tinggalkan Komentar