Jumat, 07 Oktober 2022
11 Rabi'ul Awwal 1444

Menang Adu Penalti Lawan Myanmar, Indonesia Lolos ke Final Piala AFF U-16

Rabu, 10 Agu 2022 - 22:09 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Final Piala AFF U-16
Foto: PSSI

Timnas Indonesia U-16 berhasil lolos ke final Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Myanmar di semifinal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8) malam.

Garuda muda sukses membungkam Myanmar melalui adu pinalti 5-4.

Indonesia mengawali pertandingan dengan bermain lebih aktif dengan memainkan permainan cepat.

Indonesia terus mencoba mencari celah di lini pertahanan Myanmar yang bermain parkir bus. Pada menit ke-39 sundulan Kaka juga masih menyamping di sisi kiri gawang lawan usai meneruskan sepak pojok dari rekannya.

Myanmar yang jarang dapat peluang justru mampu mencuri gol pada menit ke-44 lewat sontekan Nay Min Htet.

Gol tercipta setelah kiper Indonesia Andrika Fathir Rachman memenangkan duel udara, namun bola jatuh ke kaki Nay Min Htet dan langsung menyontek bola ke gawang Indonesia.

Baca juga
Jadi Pangkostrad, Menantu Luhut Mayjen Maruli Punya Harta Rp33 Miliar

Hingga pertandingan babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Myanmar unggul 1-0 atas Indonesia.

Babak II

Pada pertengahan babak kedua Indonesia mulai bermain lebih aggresif dengan menempatkan banyak pemain di area lawan.

Situasi ini hingga akhirnya Indonesia dapat mencetak gol melalui tendangan bebas pada menit ke-69 melalui Riski Afrisal.

Indonesia akhirnya menghadapi adu penalti melawan Myanmar pada babak semifinal setelah kedudukan 1-1 bertahan sampai 90 menit.

Pada saat adu penalti penendang penalti keempat tim, Shine Wanna Aung gagal mencetak gol. Indonesia akhirnya menang puncak dengan skor 5-4 setelah M Nabil Asyura, yang jadi penendang kelima Indonesia mencetak gol buat Indonesia.

Baca juga
Soal Kasus Pemerkosaan Putri Candrawathi, Komnas HAM Lempar Batu Sembunyi Tangan

Pada laga final yang akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022), Indonesia akan bertemu Vietnam yang lebih dahulu melaju partai puncak setelah mengalahkan Thailand yang berlangsung Rabu (10/8/2022) sore.

Susunan Pemain:

Indonesia U-16 XI:

Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky Pramana Putra Razak, Muhammad Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah; Muhammad Kafiatur Rizky, Narendra Tegar Islami, Muhammad Sultan Akbar; M Riski Afrisal,Arkhan Kaka Putra Purwanto, Muhammad Nabil Asyura, Figo Dennis

Myanmar U-16 XI:

Sai Thi Ha Naing; Thura Zaw, Myat Phone Khant, Htoo Wai Yan, Lin Htet Oo; Han Tun Zaw, Nay Min Htet, Khin Cho Htoo, Aung Zaw Myo; Shine Wanna Aung, Kaung Htet, Khaung Khan tzaw

Tinggalkan Komentar