Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Menang Lawan Kuwait, Petuah Shin Tae Yong Sebelum Laga Berbuah Hasil

Kamis, 09 Jun 2022 - 10:44 WIB
Timnas Indonesia Menang Lawan Kuwait, Petuah Shin Tae Yong Sebelum Laga Berbuah Hasil?
Timnas Indonesia usai mengalahkan Kuwait (@pssi)

Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait buat bangga sekaligus mengejutkan, mengingat skuad Garuda tak diunggulkan dalam laga kualifiaksi Piala Asia 2023 tersebut.

Bertanding di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Marc Klok melalui titik putih (43′) dan Rachmat Irianto di menit ke-46.

Kemenangan tersebut banyak menuai pujian dari pecinta sepakbola tanah air. Selain urusan rangking dan head to head yang berpihak pada tuan rumah, Timnas juga harus bertanding dini hari untuk menghindari panasnya cuaca di Kuwait.

Pelatih Timnas Indonesia Shin tae Yong menyebut kemenangan anak-anak asuhnya adalah buah kerja keras dan semangat pantang menyerah.”Sebelum laga saya pikir laga hari ini akan jadi laga yang bisa memiliki peluang seratus persen (untuk menang),” kata Shin usai laga.

Baca juga
Penantian 32 tahun Indonesia Berlaga di Piala Asia

Shin menegaskan, hasil akhir pertandingan adalah bukti seberapa keras perjuangan Garuda. Untuk itu, kemenangan atas Kuwait membuktikan pasukannya sudah berusaha keras selama pertandingan berlangsung.”Kami pikir menang bisa jadi peluang yang terbuka, tergantung seberapa keras usaha kami,” kata Shin.

Pertemuan Indonesia dan Kuwait terakhir kali pada 2009 lalu. Untuk itu pelatih asal Korea Selatan ini tidak bisa memberikan patokan berdasarkan rekor pertemuan kedua tim.

Meski demikian, Kuwait mendominasi dalam lima laga pertemuan mereka di tiga dekade terakhir. Tercatat Kuwait menang dalam dua laga dan tiga hasil berakhir imbang.

Cerita kemenangan Timnas Indonesia ini semakin lengkap saat Asnawi dan kawan-kawan mendapat pesan penuh makna dari Coach Tae Yong saat persiapan kualifiaksi Piala Asia.

Baca juga
Momen Bahagia Witan Sulaeman Lamar Kekasihnya

Dalam sebuah tayangan video yang beredar, Shin Tae Yong tak marah pada para pemainnya yang memasang wajah murung. Dengan dibantu penerjemah, Tae Yong berbicara pada anak-anak asuhnya soal bagaimana meraih kemenangan dengan perjuangan.

“Kalian harus pikir baik-baik. Kita sudah jauh-jauh ke sini naik pesawat. Capek terbang, tetapi murung terus seperti ini,” semprot Shin Tae-yong mengutip dari YouTube PSSI.

“Memangnya kita tak boleh peringkat satu di grup (kualifikasi)? Kalo kita peringkat satu, kita bisa pulang ke Indonesia dengan senyum bahagia,” lanjut Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong pun memberi pengandaian. Ia menilai para pemain Timnas Indonesia bakal lebih murung jika gagal lolos ke Piala Asia 2023. Karena itu, ia meminta pemain-pemain Timnas Indonesia untuk tampil penuh semangat, baik itu di sesi latihan dan pertandingan.

Baca juga
Tiket Timnas Indonesia vs Vietnam Ludes Terjual

“Bagaimana kalau kita gugur? Pasti akan menunduk dan lebih capek. Kalau kita pulang dalam kondisi seperti itu, pasti capek hati juga,” ujar pelatih dari negeri ginseng tersebut.

Saat menyampaikan isi hati tersebut terlihat wajah para pemain Timnas Indonesia sangat serius mendengarkan. Mereka menatap dengan tajam ke arah suara sambil fokus mencerna kalimat dari penerjemah.

Tinggalkan Komentar