Jumat, 27 Januari 2023
05 Rajab 1444

Mendag Zulhas Dampingi Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Palestina

Selasa, 25 Okt 2022 - 10:53 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Zulhas Dampingi Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Palestina - inilah.com
Mendag Zulhas bersalaman dengan PM Palestina, Mohammad I. M. Shtayyeh saat mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (24/10/2022). (Foto: Humas Kemendag)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, mendampingi Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Palestina, Mohammad I. M. Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (24/10/2022).

Pertemuan tersebut membahas mengenai hubungan bilateral antara Indonesia dan Palestina. Presiden Jokowi menegaskan komitmen Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina meraih kemerdekaan.

Dukungan tersebut melalui bantuan pengembangan kapasitas warga Palestina, kesiapan menjadi fasilitator rekonsiliasi faksi-faksi yang ada di Palestina, hingga dukungan agar Palestina menjadi anggota penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Jokowi menyampaikan, Indonesia telah memberikan fasilitas unilateral berupa pembebasan bea masuk untuk kurma dan zaitun dari Palestina ke Indonesia. “Ini akan diteruskan untuk produk-produk yang lain dari Palestina,” ujar Presiden.

Baca juga
Bertemu Delegasi Bisnis Jepang, Zulhas: Kemendag Siap Dukung Pelaku Usaha Tingkatkan Kinerja Perdagangan

Kedua pihak berharap kerja sama ekonomi Indonesia dan Palastina dapat terus ditingkatkan. Jokowi menyatakan rasa gembiranya melihat nilai perdagangan antara kedua negara terus mengalami peningkatan. Terlihat selama Januari-Juli 2022, terjadi peningkatan 21,28%.

“Terkait kerjasama ekonomi, saya gembira perdagangan kedua negara terus meningkat. Pada Januari sampai Juli Tahun 2022 naik 21,28% dibanding tahun lalu,” kata Jokowi usai penandatangan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dalam kegiatan tersebut.

Presiden mengatakan, Indonesia telah memberikan fasilitas unilateral  berupa pembebasan bea masuk untuk kurma dan zaitun dari Palestina ke Indonesia. Fasilitas ini juga akan diberikan kepada produk-produk lain yang berasal dari Palestina.

Baca juga
Mendag Zulhas Siap Bantu Blora Tembus Pasar Ekspor

“Ini akan diteruskan nanti untuk produk-produk yang lain dari Palestina. Ini merupakan bentuk lain dukungan Indonesia kepada Palestina. Indonesia berharap kerjasama ekonomi dapat terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang,” ujar Jokowi.

Seperti diketahui, dalam sidang tahunan Majelis Umum PBB di markas besar PBB di Kota New York, Amerika Serikat, Presiden Palestina Mahmoud Abbas berencana mengajukan permohonan untuk negaranya menjadi anggota penuh di PBB.

PBB pada 2012 telah mengesahkan Palestina sebagai negara peninjau. Sebanyak 138 dari 193 negara anggota PBB telah mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

Turut mendampingi Presiden pada kunjungan tersebut yaitu Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito.

Tinggalkan Komentar