Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Mendag Zulhas Pastikan Migor Rp14 Ribu per Liter Mudah Ditemukan di Pasar

Sabtu, 25 Jun 2022 - 10:16 WIB
Image3 - inilah.com
Mendag Zulkifli Hasan saat mengecek stok dan harga minyak goreng di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022). Foto: Inilah.com/Mia Umi Kartikawati

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifili Hasan (Zulhas) memastikan ketersediaan minyak goreng (migor) curah sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter mudah ditemukan di pasar.

“Jadi di Jawa Barat dan Jakarta saya sudah datangi pasar kemana-kemana, minyak goreng belum dua minggu Rp14 ribu ada barangnya,” kata Zulhas di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022).

Zulhas menjelaskan, migor curah dengan harga Rp14.000 per liter tersedia di lebih dari 15 ribu titik wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat. Bahkan ia berani menjamin, harga migor curah yang relatif stabil itu akan terus tersedia bagi masyarakat. Hal ini sekaligus bukti pasokan dan harga migor sudah lebih stabil dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Baca juga
BMKG Ingatkan Cuaca Hujan Disertai Petir di Jabodetabek

Ketersediaan pasokan juga terlihat dari pelanggan atau konsumen yang tidak lagi mengantre. “Saya Alhamdulillah menyaksikan sekali lagi, (migor) curah Rp14.000 per liter dan Rp15.500 per kilogram masih tersedia tidak ada lagi yang antre,” sambungnya.

Zulhas dalam kesempatan ini turut mendapati beberapa produk pangan yang mengalami lonjakan kenaikan harga. Salah satunya adalah telur yang kini mengalami kenaikan harga menjadi Rp28 ribu per kilogram. Zulhas memaklumi kenaikan tersebut lantaran beberapa tahun terakhir produsen telur mengalami pasang surut harga jual.

“Kita ada kenaikan harga sedikit di telur. Tadinya sebelum puasa (berkisar) Rp24-26.000 per kilogram, kemarin Rp29 ribu. Hari ini Rp28.000. Turun seribu tapi masih dimaklumi, karena peternak ayam dan telur dua tahun lebih rugi. Sebulan ini menutupi rugi kemarin, saya kira masih wajar,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar