Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Mendag Zulhas Perjuangkan Produk Lokal Serbu Pasar Global

Jumat, 23 Sep 2022 - 21:57 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mendorong produk asli Indonesia bisa menyerbu pasar dunia. Untuk itu, dia terus memperjuangkan kerja sama perdagangan dengan banyak negara.

“Saatnya Indonesia menyerbu pasar internasional. Kita harus menjadi negara maju pada 2045,” papar Mendag Zulhas, dikutip dari Podkabs bertema Gerak Cepat Mendag Zulhas Stabilkan Harga Bahan Pokok, Jakarta, Jumat (23/9/2022).

Dikatakan Ketua Umum PAN itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus membangun kerja sama perdagangan dengan sejumlah negara yang potensial. Semisal, Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Asia Timur dan Eropa Timur. “Kita buka pasar sekarang. Saya sudah ratifikasi pernajjian dengan Asia, Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan (Korsel). Lagi saya urus ini, Comprehensive Economic Partnership Agreement. Agar produk kita bisa masuk tanpa bayar pajak,” tutusnya.

selain itu, lanjut Mendag Zulhas, Kemendag gencar membuka pasar baru di Afrika dan Timur Tengah. Afrika adalah pasar yang menggiurkan karena jumlah penduduknya 1 miliar lebih. Sementara Timur Tengah banyak negara kaya minyak yang berduit saat ini. “Nantinya UEA menjadi hub bagi produk Indonesia untuk masuk ke Afrika, Eropa Timur, Asia Tengah, Arab Saudi dan lain-lain. Saatnya Indonesia menyerbu pasar dunia. Untuk menjadi negara maju pada 2045,” tuturnya.

Baca juga
PW RMI-NU DKI Jakarta Pertanyakan Status Halal Alat Swab Impor

Lalu bagaimana dengan kualitas produk Indonesia? Mendag Zulhas yakin betul akan produk Indonesia bakal banyak peminat di pasar global. Khususnya untuk produk fesyen Muslim. “Beberapa waktu lalu, saya bicara salah satu brand fesyen muslim Indonesia, Klamby yang ikut London Fashion Week 2022. Ada pula desainer Erigo yang sukses menembus pasar dunia. Dia ikutan New York Fashion Week,” imbuhnya.

 

Tinggalkan Komentar