Selasa, 29 November 2022
05 Jumadil Awwal 1444

Mendag Zulhas Perlu Tancap Gas Stabilkan Harga dan Berantas Kartel

Rabu, 15 Jun 2022 - 13:48 WIB
Mendag Zulhas Perlu Tancap Gas Stabilkan Harga dan Berantas Kartel
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Sumber;VOI).

Berbagai spekluasi tentang reshuffle akhirnya terjawab. Presiden Joko Widodo (Jpkowi) menunjuk Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan M Lutfi.

Ekonom dari Pergerakan Kedaulatan Rakyat (PKR) Gede Sandra memberikan apresiasi atas keputusan Jokowi melakukan reshuffle pucuk pimpinan Kementerian Perdagangan. “Sejauh ini memang banyak masalah di Kemendag. Kita apresiasi keputusan Presiden menunjuk orang baru,” ungkap Gede kepada Inilahcom, Jakarta, Rabu (16/6/2022).

Setelah resmi menjabar menteri perdagangan, kata Gede, Zulhas perlu melakukan sejumlah langkah strategis. Terutama melakukan stabilisasi harga pangan. Mulai minyak goreng, telur, daging dan bahan pangan lainnya.

Ia mengatakan, tugas pertama yang perlu dilakukan Mendag Zulhas adalah stabilisasi harga. “Kita harapkan Mendag yang baru mampu menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok. Itu yang paling utama. Karena melonjaknya harga berkontribusi pada inflasi,” ucap Gede.

Baca juga
Total Dana Investasi Bodong yang Dibekukan PPATK Mencapai Rp502 Miliar

Selanjutnya, menurut Gede, Mendag baru harus segera melakukan reformasi tata niaga impor bahan pangan. “Dari yang sebelumnya menggunakan sistem kuota, rombak menjadi sistem tarif. Ini penting untuk menghapuskan praktik kartel dalam impor pangan,” ujarnya.

“Ini juga penting, kita harapkan mendag yang baru kebal dari suap. Karena kartel-kartel pangan pasti akan menghalalkan segala cara untuk menggagalkan rencana menghapus sistem kuota,” ungkap Gede. [ikh]

Tinggalkan Komentar