Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Mendag Zulhas: Sail Tidore Upaya Jaga Stabilitas Ekonomi Indonesia Timur

Sabtu, 26 Nov 2022 - 15:07 WIB
Penulis : Wiguna Taher
Sail Tidore 1 - inilah.com
Mendag Zulkifli Hasan bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam pucak Acara Sail Tidore 2022, Sabtu (26/11/2022) (Foto: Humas Kemendag)

Gelaran Sail Tidore 2022, dipandang Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) merupakan salah satu upaya untuk menjaga perekonomian, khususnya di kawasan Indonesia Timur agar tetap stabil. Sail Tidore 2022 juga bisa menjadi momentum titik balik pemulihan ekonomi nasional pascapandemi Covid-19 dan krisis global.

“Kami berharap keberhasilan kegiatan Sail Tidore 2022 dapat menjadi batu loncatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan di Maluku Utara,” kata Mendag Zulhas dalam sambutannya di Maluku, Sabtu (26/11/2022).

Itu sebabnya, pihaknya berupaya agar potensi Tidore bisa dipromosikan kepada investor dan wisatawan dunia.

Zulhas menyebut, sedikitnya 32 kementerian/lembaga, sejumlah BUMN dan pelaku usaha serta jajaran lainnya saling membantu untuk mewujudkan kesuksesan acara Sail Tidore 2022.

Baca juga
Uji Emisi Jadi Syarat Pembayaran Pajak Motor Berlaku Mulai 2023
Sail Tidore 2 - inilah.com
Mendag Zulhas memberikan sambutan pada pembukaan Sail Tidore. (Foto: Humas Kemendag)

Pihaknya pun berupaya membantu memperbaiki dan menambah sarana serta prasarana agar tamu maupun pengunjung lainnya bisa menikmati acara tersebut.

“Kami telah melakukan berbagai program di antaranya perbaikan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dalam industri wisata, penyuluhan dan bantuan kepada industri kecil, promosi produk, forum bisnis, pelayanan kesehatan dan perbaikan vegetasi pohon agar akses dan lingkungan hidup menjadi lebih baik,” kata Zulhas.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pembangunan Regional Kementerian Bappenas RI, Rudy Soeprihadi Prawiradinata pada pertengahan Juni 2022 menyebut,  untuk kawasan Indonesia Timur, pemerintah memasang target pertumbuhan ekonomi tahun ini pada rentang 5,7- 6,5 persen dengan jumlah penduduk miskin bisa ditekan hingga 10,97 persen.

Baca juga
Delapan Gempa Merusak di Selat Sunda Sejak Tahun 1851

Kemudian pada wilayah Indonesia Barat, laju pertumbuhan ekonomi diproyeksikan pada rentang 4,99 – 5,68 persen.

Sail Tidore Expo 2022 resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi, Kamis (24/11) di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Sail Tidore Expo 2022 berlangsung pada 24 hingga 29 November 2022 ini diikuti 90 unit usaha kecil dan menengah (UKM) binaan kementerian atau lembaga yang berasal dari luar pulau dan Kota Tidore.
​​​

Sail Tidore 3 - inilah.com
Salah satu atraksi kolaborasi antara TNI Angkatan Laut dan nelayan lokal dalam gelaran Sail Tidore. (Foto: Humas Kemendag)

Berbagai atraksi, lomba, pentas seni, kompetisi foto bawah air dan forum bisnis dengan peserta dari Kedutaan Besar negara sahabat, senam sehat, lomba dayung, bakti sosial dan kemah yang diikuti oleh para pramuka dari seluruh Indonesia.

Baca juga
dr Zaidul Akbar: Makan yang Dikupas Bukan Dikemas

Pada acara puncak Sail Tidore, para tamu dan pengunjung menyaksikan sinkronisasi atraksi laut yang luar biasa seperti kolaborasi dari TNI Angkatan Laut, Angkatan Udara, BASARNAS dan para nelayan tradisional.

Tinggalkan Komentar