Selasa, 27 September 2022
01 Rabi'ul Awwal 1444

Menebak Baju Adat Presiden Jokowi di HUT RI ke-77

Selasa, 16 Agu 2022 - 10:40 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Baju adat jokowi
Ilustrasi (Foto: inilah.com)

Kebiasaan mengenakan baju adat di acara-acara kenegaraan siap kembali ditunjukkan Presiden Joko Widodo. Tapi baju adat mana yang akan dipakai Jokowi pada Perayaan Kemerdekaan Indonesia tahun ini?

Dalam unggahan instagramnya beberapa waktu lalu di akun instagram resminya, Jokowi juga tampak memberikan tebak-tebakan.

“Selamat pagi, puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tinggal dua hari lagi. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya dan Ibu Negara akan datang ke upacara dengan busana adat daerah. Pilihannya sungguh banyak, sebanyak jumlah suku di Nusantara,” tulis Jokowi pada Senin (15/8/2022).

Video tersebut menampilkan pada 2019, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Bali. Lalu, pada 2020, Jokowi mengenakan pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur. Kemudian tahun lalu, Jokowi memakai pakaian adat dari Lampung.

Baca juga
Jokowi Minta KPK-Kejaksaan Semaksimal Mungkin Terapkan Dakwaan TPPU

Video tersebut kemudian menampilkan ilustrasi sosok Jokowi untuk perayaan HUT RI ke-77 besok dengan pakaian baju adat yang masih dikosongkan.

Beberapa berita menyebutkan baju adat Jokowi akan berasal dari Kesultanan Buton dan juga baju adat Tolaki. Namun sampai saat ini belum ada keterangan resmi tentang baju adat Jokowi.

”Dengan mengenakan pakaian adat ini, Presiden Joko Widodo hendak mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk Indonesia yang dikenal kaya akan seni kriya, tenun, dan kebudayaan Nusantara,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono beberapa waktu lalu.

Selain baju adat untuk HUT RI, Jokowi ketika berita ini ditulis sedang memakai baju adat paksian Bangka Belitung saat Sidang Tahunan MPR pada Selasa (16/8/2022).

Baca juga
Wacana Jadi Cawapres 2024, Jokowi: Bukan dari Saya, dari Siapa?

Inilah.com turut memberikan giveaway tebakan para warganet. Kawan inilah yang beruntung bakal mendapatkan hadiah senilai Rp700 ribu untuk 7 orang pemenang. Jadi apa tebakanmu?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by inilahcom (@inilah_com)

 

Tinggalkan Komentar