Mengapa Perawatan Berkala pada Mobil Itu Penting? Ini Kata Rifat Sungkar

Mengapa Perawatan Berkala pada Mobil Itu Penting? Ini Kata Rifat Sungkar - inilah.com

Memiliki mobil tentu menyenangkan dan membawa banyak manfaat bagi Anda dan keluarga, tapi harus tahu juga kalau mobil butuh yang namanya perawatan berkala. Apalagi kalau mobil Anda digunakan setiap hari untuk menunjang aktivitas Anda dan keluarga.

Patut diingat kalau melakukan perawatan berkala pada mobil kesayangan tentu banyak sekali manfaatnya. Selain untuk membuat kondisi mobil selalu tetap prima, juga bisa menjadikan harga jual kembalinya menjadi lebih tinggi karena memiliki nilai plus bagi konsumen.

Pembalap nasional yang juga Brand Ambassador Mitsubishi Motors, Rifat Sungkar, membagikan pengetahuannya terkait pentingnya melakukan perawatan berkala untuk mobil dengan tepat waktu.

“Kenapa kita perlu melakukan perawatan berkala? Tentunya kalau mobil selalu digunakan setiap hari supaya kendaraan kita selalu dalam kondisi prima. Karena dengan merawat mobil pastinya selain aman dan nyaman dikendarai, juga dapat memperpanjang umur kendaraan,” beber Rifat.

Baca juga  Kebijakan Nyeleneh di India, Ganti Suara Klakson Mobil Jadi Suling

Bahkan dia juga menambahkan kalau mobil yang tidak digunakan setiap hari juga butuh perawatan berkala. Apalagi dengan kondisi pandemi sekarang yang banyak aktivitas di rumah sehingga mobil Anda hanya parkir di garasi saja.

Melakukan perawatan berkala itu berarti kondisi kendaraan bisa diketahui lebih menyeluruh secara rutin. Ketika ditemukan sebuah komponen yang rusak pada kendaraan, kita bisa segera ganti jangan sampai terjadi kerusakan yang fatal.

Nah, kalau kita tidak melakukan perawatan berkala, apa sih dampaknya buat mobil? Pertama, kita jadi tidak bisa memastikan kendaraan dalam keadaan yang prima atau tidak, sehingga bisa menimbulkan potensi masalah atau kerusakan berat yang sulit diantisipasi atau dideteksi sejak awal, juga tidak dapat melakukan klaim garansi jika terjadi kerusakan.

Baca juga  Gelar Webinar Rutin, Cara Suzuki Jaga Silaturahmi dengan Klub

“Contohnya, jika kita tidak mengganti oli mesin akan berakibat pada performa mesin menurun dan bekerja lebih berat, karena pelumasan di dalam mesin tidak maksimal. Ada komponen yang berpotensi mengalami kerusakan, jika kerusakannya sudah fatal, maka piston dan silinder liner akan mengalami kerusakan berat,” ujar Rifat lebih lanjut.

Dengan melakukan servis berkala juga dapat mendeteksi sejak dini jika ada masalah sehingga dapat segera diambil langkah perbaikan. Alhasil dapat mereduksi risiko timbulnya biaya lebih besar karena kerusakan yang semakin berat.

Tapi jangan asal pilih bengkel, sebaiknya semua perawatan berkala ini dilakukan di bengkel resmi. Karena dengan servis mobil di bengkel resmi, Anda bisa mendapatkan ketenangan. Sebab bengkel resmi selalu memberikan jaminan, mulai dari jaminan keaslian suku cadang serta jaminan garansi. Sehingga Anda setelah servis masih merasa tidak memuaskan bisa balik lagi dan gratis atas permasalahan yang sama.

Baca juga  Pendiri Twitter Jack Dorsey Lepas Semua Jabatan

Selain itu juga di bengkel resmi, history atau riwayat perawatan berkala kendaraan Anda dapat terekam secara lengkap dan kalau kita masih punya masa garansi, ini menjadi salah satu syarat untuk melakukan klaim garansi, yaitu melakukan perawatan berkala yang teratur di bengkel resmi.

“Selain itu, yang paling penting adalah kita tidak perlu khawatir karena kendaraan kita pun akan terjamin dengan kualitas genuine part atau suku cadang asli yang mampu memberikan keamanan kita sekaligus kendaraan kita,” ujar Rifat.

Tinggalkan Komentar