Rabu, 08 Februari 2023
17 Rajab 1444

Mengenal Gerald Jerry Lawson yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Kamis, 01 Des 2022 - 18:30 WIB
Google Doodle

Gerald Jerry Lawson hari ini merayakan ulang tahun ke 82 dan muncul di Google Doodle. Lawson adalah seorang bapak gim modern yang mempin pengembangan sistem gim video rumahan pertama kartrid yang dapat dipertukarkan.

“Hari ini kami merayakan ulang tahun Ayah yang ke-82 dengan dunia. Kami ingin berterima kasih kepada Google karena telah bekerja sama dengan kami unuk membagikan kisah ayah kami di Doodle ini. Semoga kisahnya terus menginspirasi banyak anak muda di seluruh dunia untuk mencapai sesuatu yang luar biasa,” kata sang anak, Gerald Anderson Lawson, dalam keterangannya , Kamis (1/12/2022).

Baca juga
Google Doodle Hari Ini Beri Penghormatan pada Wartawati Roehana Koeddoes

Gerald Jerry Lawson lahir di Brooklyn pada tahun 1940. Sejak kecil ia senang mengutak ataik elektronik dan memperbaiki televisi sekitar lingkungannya dan membuat stasiun radionya sendiri menggunakan komponen daur ulang.

Dia kuliah di Queens Collage, City Collage of New York sebelum akhirnya memulai karier nya di Palo, California. Saat itu, kota dan wilayah sekitarnya terkenal dengan sebutan ‘silicon valley’ akibat ledakan teknologi bari yang inovatif. Kemudian selanjutnya ia bergabung dengan Fairchild Semiconductor tahun 1970 sebagai konsultan teknik.

Saat berada di Fairchild ia mengembangkan Demolition Derby sebuah arkade awal yang dioperasikan dengan koin, kemudian tahun 1975 ia dapat menyelesaikannya menggunakan mikroprosesor F8 pertama yang ditenagai oleh mikroprosesor.

Baca juga
Profil Rasuna Said, Singa Betina dari Ranah Minang

Beberapa tahun kemudian Lawson menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild untuk memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F. Channel ini membuka jalan bagi sistem game masa depan seperti Atarai, SNES, Dreamcast dan lainnya. Lawson meninggalkan Fairchild tahun 1980 untuk memulai perusahannya sendiri yaitu videosoft untuk menciptakan perangkat lunak Atari 2600.

Pada tahun 2011, International Game Developers Association mengakui Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya dalam dunia game. Pencapain ini kemudia diabadikan World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Sayangnya, Lawson meninggal karena komplikasi diabetes sekitar sebulan setelah dihormati oleh International Game Developers Association (IGDA) pada 2011.

Baca juga
Profil Sandiah Ibu Kasur: Pencipta Lagu Anak Populer Lihat Kebunku

 

Tinggalkan Komentar