Jumat, 12 Agustus 2022
14 Muharram 1444

Mengenal Manfaat IGRS untuk Industri Game yang Lebih Baik

Senin, 22 Nov 2021 - 16:46 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Pegi Rating Boxes - inilah.com
Pegi Rating Boxes

Bermain game menjadi salah satu kegiatan yang menghibur. Namun demikian, meskipun game jadi alternatif hiburan bagi berbagai kalangan, nyatanya ada aturan yang perlu diperhatikan saat bermain game, salah satunya adalah target usia pengguna atau yang dikenal juga dengan sebutan rating game.

Rating game biasanya dijadikan alat untuk menilai kesesuaian antara konten dalam game dengan kelompok usia pengguna. Rating game membuat pengguna mengetahui apakah game tersebut layak dimainkan sesuai dengan usianya atau tidak.

Mengapa rating game penting untuk diketahui? Khususnya bagi orang tua, rating game penting dipahami karena bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Indonesia meluncurkan Indonesia Game Rating System (IGRS) pada tahun 2016.

Baca juga
Bersiap! Ada Jujutsu Kaisen dalam Update Baru PUBG Mobile

Apa Itu IGRS?

Indonesia Game Rating System (IGRS) adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan industri game Indonesia agar menjadi lebih baik, sehat, dan terarah. IGRS memberikan informasi terkait pengklasifikasian permainan interaktif elektronik (PIE), berdasarkan kategori konten game dan usia pengguna.

Berikut ini lima klasifikasi rating game berdasarkan kelompok usia dari IGRS, yaitu, untuk usia 3 tahun ke atas, usia 7 tahun ke atas, usia 13 tahun ke atas, usia 18 tahun ke atas, dan semua usia

Infografis Igrs  - inilah.com
Infografis Igrs

Apa Tujuan dan Manfaat IGRS?

IGRS mempunyai dua tujuan, yaitu untuk industri game dan pengguna game. Tujuan pertama, IGRS bisa membantu game developer Indonesia dalam memasarkan produk yang sejalan dengan nilai kebudayaan dan nilai luhur bangsa Indonesia.

Baca juga
Kominfo Klaim Kerja 7x24 Jam Blokir 12 Ribu Lebih Konten Judi

Tujuan selanjutnya, sistem rating game asal Indonesia ini ingin membantu masyarakat, terutama orang tua, agar dapat memilih game dengan bijak sesuai dengan kelompok usia anak. Dengan mengetahui sistem game rating, orang tua dapat mengawasi dan mendampingi anak saat bermain game dengan lebih baik.

Selain melalui IGRS, orang tua kini juga bisa mencari tahu informasi rating game melalui Aplikasi Gimbot: Gim Bimbingan Orang tua. Gimbot bisa menjadi sarana edukasi dan informasi yang membantu orang tua untuk lebih memahami game yang dipilih anak berdasarkan pengelompokan usia.

Tinggalkan Komentar