Senin, 28 November 2022
04 Jumadil Awwal 1444

Mengenal TikTok Shop: Apa itu MCN dan TSP?

Selasa, 22 Nov 2022 - 20:20 WIB
Aplikasi Tiktok (Foto: Istock)
Aplikasi Tiktok (Foto: Istock)

TikTok kini tidak hanya menjadi rumah bagi para content creator saja, tetapi juga menjadi salah satu wadah bagi para pengusaha dan pelaku UMKM.  Munculnya para kreator dan pelaku usaha yang aktif memasarkan produknya di aplikasi ini, ternyata meningkatkan minat konsumen serta keuntungan hingga berkali kali lipat. Tidak hanya dalam waktu singkat, ternyata siklus ini terus berlanjut dan pelaku usaha terus bertambah

Fenomena ini dimanfaatkan TikTok untuk mengembangkan platform TSP (TikTok Shopping Partner) dan MCN (Multi Channel Network). Kedua platform ini dibuat untuk kebutuhan mengembangkan pasar, dan membangun entrepreneurs yang nantinya terbentuk sebuah afiliasi yang berbentuk shop-entertain.

Shopp-Entertain ini ialah aktivitas belanja online melalui iklan yang dikemas dalam bentuk konten. Kegiatan ini dilakukan pada platform TSP dan MCN yang dipilih oleh para pelaku bisnis. Hal ini bertujuan agar para creator, agen, dan pelaku usaha bisa saling mengembangkan bisnisnya dalam jalinan kerjasama agar saling menguntungkan.

Baca juga
Kemeriahan Berkumpulnya Content Creator TikTok dalam Festival #SerunyaIndonesia

Siklus ini merupakan bentuk persaingan bisnis baru, di mana seseorang akan tertarik untuk membeli produk bukan karena kemunculan iklan, tetapi karena konten nya. Kini, keberhasilan pemasaran tak lagi bergantung pada iklan yang bersifat hard selling, tetapi justru dari konten yang bersifat menghibur. Namun, tidak semua pelaku bisnis mampu membuat konten atau mengelola bisnisnya dengan konsep entertain. Inilah yang TikTok manfaatkan untuk membangun agen-agen pada platform tersebut; TSP dan MCN.

“Jadi bentuk persaingan bisnis sekarang ini adalah bagaimana kita mengemas konten.  Strong point berjualan tiktok adalah konten, sedangkan Seller blm tentu semuanya bisa ngonten,” ujar Desey Muharlina Bungsu, selaku Fashion Category Lead, TikTok Shop Indonesia saat temu media di Jakarta, pada Selasa (22/11/22).

Lalu, apa itu TSP dan MCN?

Dilansir dari situs resmi TikTok, TikTok Shop Partners (TSP) adalah fitur penyedia layanan bagi para pelaku usaha TikTok Shop. Layanan ini berupa penjualan produk dan mengelola pembuatan konten, produksi live streaming yang langsung menarik pelanggan, dan pilihan layanan entertain lainnya. Beberapa agen TSP juga menyediakan jasa pengelolaan logistik. Tim pengembang TikTok Shop disini berperan untuk memilih dan mengidentifikasi TSP yang berpotensi menjalin partner bersama para pelaku bisnis.

Baca juga
Inilah 5 Cara Cerdas Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Sedangkan MCN ialah sebuah agency yang bentuknya lebih besar. Dilansir dari situs resmi Youtube, Multi Channel Network atau MCN adalah sebuah kelompok agen yang bekerja untuk sebuah bisnis. Seperti dengan nama nya, layanan ini berupa bantuan pemasaran produk di berbagai platform. Tidak hanya itu, layanan MCN juga mengelola hubungan kerjasama kepada pemilik channel di berbagai bidang seperti produk, pemrograman, pendanaan, promosi silang, pengelolaan mitra, pengelolaan hak digital, monetisasi dan penjualan, dan pengembangan audiens.

Masih menurut Desey, dalam ekosistem bisnis di TikTok Shop ini memiliki empat pilar, yakni seller, product, creator, dan partner. Ia berpendapat, saat ini seorang seller juga merupakan creator yang memasarkan produknya. Dalam memasarkan produknya tersebut, tak lepas dari kontribusi partner agency yang turut mengelola konten dan bisnis mereka agar menarik pelanggan dan menghasilkan keuntungan.

Baca juga
77 Busana Christie Basil di Acara TikTok Pecahkan Rekor MURI

Ia berharap, dengan wadah yang diberikan oleh TikTok, pelaku bisnis UMKM bisa semakin besar dan mampu bersaing di pasar internasional. Ia juga berharap agar semua pengguna TikTok bisa terus belajar dan mengeksplore dunia digital.

Tinggalkan Komentar