Rabu, 01 Februari 2023
10 Rajab 1444

Mengenang Fujiko A. Fujio, Sang Bapak Ninja Hattori dan Doraemon

Kamis, 07 Apr 2022 - 13:37 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
Fujimoto Hiroshi (kiri) dan Motoo Abiko sebagai Fujiko F. Fujio (Foto Mangatoday) - inilah.com
Fujimoto Hiroshi (kiri) dan Motoo Abiko sebagai Fujiko F. Fujio (Foto Manga.Tokyo)

Fujiko A. Fujio, pengarang manga yang dikenal luas sebagai kreator Ninja Hattori dan Doraemon, meninggal dunia pada usia 88 tahun pada Kamis (7/4), situs berita Nikkei Asia melaporkan.

Sebagai salah satu mangaka legendaris di Jepang karyanya selalu menarik dari film kartun dengan fantasi yang disuguhkan. Sang pembuat kisah Doreamon dan Ninja Hattori memang memilki sejumlah kemiripan karena berasal dari sentuhan tangan Fujiko A. Fujio sebagai kreatornya.

Doraemon dan Ninja Hattori yang sempat tayang di televisi swasta nasional setiap akhir pekan memang diketahui tercipta oleh Fujiko Fujio. Pengarang cerita asal Jepang ini sebenarnya terdiri atas dua orang, yaitu Fujimoto Hiroshi dan Motoo Abiko. Mereka berdua menggunakan nama pena Fujiko Fujio. Cerita Ninja Hattori atas karya nama Motoo Abiko, sehingga banyak yang tidak menyadari kalau ia adalah sosok yang sama dengan pembuat kisah Doraemon.

Baca juga
EVOS Esports Bikin Reality Show Perjalanan Talenta EFC PRO Series

Lalu apa saja kemiripan tokoh-tokoh pada kisah Doraemon dan Ninja Hattori. Berikut rangkumannya:

1. Memiliki jurus Ajaib

Karakter utama dalam kartun biasanya memiliki sosok yang memiliki talenta atau kelebihan spesial. Jika Doraemon memiliki kantong ajaib, Ninja Hattori memiliki jurus-jurus ninja.

2. Tokoh pendamping utama yang pemalas

Kelebihan-kelebihan yang Doraemon dan Ninja Hattori miliki berguna untuk membantu bocah yang malas. Jika Doraemon membantu Nobita, Ninja Hattori membantu Kenichi. Baik Nobita maupun Kenichi punya kisah sebagai anak yang malas dan lemah, sehingga mereka mengandalkan keahlian karakter utama. Mereka berdua juga sama-sama memakai kacamata.

Baca juga
Anies Baswedan Penuhi Kriteria Capres Partai NasDem

3. Tokoh antagonis

Lingkungan di dunia Doraemon dan Ninja Hattori semakin mirip karena keduanya menghadirkan tokoh anak dengan watak menyebalkan, jahil, dan curang. Karakter ini mempunyai tujuan untuk selalu kontra dengan sosok si lemah, seperti Nobita dan Kenichi.

Dalam kisah Doraemon karakter antagonis ini ada Suneo, sedangkan dalam cerita Ninja Hattori oleh Kemuzo Kemumaki.

4. Jatuh cinta pada 1 wanita

Sudah bukan rahasia lagi kalau Nobita jatuh hati kepada Shizuka. Begitu pula dalam kisah Ninja Hattori, Kenichi yang karakternya mirip Nobita menaruh hati kepada Yumeko. Karakter Yumeko juga serupa dengan Shizuka.

Baca juga
Apa Kabar, Bawaslu?

5. Tokoh utama memiliki adik

Jika Doraemon punya adik bernama Dorami, Hattori juga memiliki adik bernama Shinzo Hattori atau biasa dipanggil Shin-chan.

Tinggalkan Komentar