Selasa, 07 Februari 2023
16 Rajab 1444

Menhub: Gedung di Jakarta Harus Sediakan Fasilitas Pengisian Daya EV

Rabu, 02 Nov 2022 - 13:15 WIB
Menhub Daya EV
Menhub Budi Karya Sumadi memberikan sambutan saat membuka secara resmi gelaran otomotif Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta, Rabu (2/11/2022). (foto: Inilah.com/Didik Setiawan)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan seluruh gedung yang ada di Jakarta akan diwajibkan menyediakan charging station atau alat pengisian daya demi mendorong penggunaan kendaraan listrik (EV) di Ibu Kota.

Hal itu diutarakan Budi saat membuka pameran otomotif Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

“Kemarin saya ketemu Pak (Pj) Gubernur (Heru Budi Hartono), ketemu Menteri ESDM (Arifin Tasrif), semuanya sepakat (mendorong penggunaan Electric Vehicle), bahkan di Jakarta semua gedung akan diwajibkan untuk adanya station charger,” kata Menhub Budi.

Ia menilai, penyebaran alat pengisian daya yang merata dan hadir di lingkungan yang mendukung, agaknya akan berdampak pada peningkatan pengguna mobil listrik.

Baca juga
Menhub: Penerbangan Bandara Ngloram Selalu Penuh Penumpang

“EV sebagai salah satu inisiatif. EV memberikan suatu game changer bagi terutama lingkungan konsumsi BBM dan hal lain,” Menhub Budi menjelaskan.

Terkait pembangunan fasilitas charging station di Jakarta, kata Menhub Budi, hal itu telah ia sampaikan kepada Pj Gubernur Heru dalam pertemuan beberapa waktu lalu.

“Satu tentu keuntungan (penggunaan kendaraan listrik) bagi pengendara tinggi, yang kedua irit bahan bakar, yang ketiga lingkungan. Nah oleh karenanya saya minta kiranya Pak Gubernur menambah banyak charging sistem di banyak tempat,” tutur Menhub Budi saat bertemu Pj Gubernur Heru di gedung Kementerian Perhubungan, Senin (24/10/2022).

Baca juga
Ketemu di Davos, Menteri Bahlil Bujuk Menkeu Polandia Investasi Baterai Listrik

Gayung bersambut, Pj Gubernur Heru mengatakan akan menindaklanjuti poin-poin penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut salah satunya soal charging station.

“Kami akan segera menindaklanjuti poin pertemuan pengadaan park and ride seperti di Manggarai dan Tanah Abang, menambah charging station yang akan ditempatkan di beberapa gedung perkantoran,” imbuh Pj Gubernur Heru.

Tinggalkan Komentar