Selasa, 29 November 2022
05 Jumadil Awwal 1444

Menhub Prediksi Ada 14 Juta Orang yang akan Mudik dengan Kereta Api

Kamis, 07 Apr 2022 - 20:44 WIB
Menhub Prediksi Ada 14 Juta Orang yang akan Mudik dengan Kereta Api
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi/ Foto: Istimewa

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi memperdiksi ada lonjakan penumpang saat mudik Lebaran tahun 2022. Bahkan masyarakat yang akan menggunakan transportasi kereta api (KA) saat mudik lebaran mencapai 14 juta orang.

Namun jumlah masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran diperkirakan akan mencapai 85-86 juta orang. “Yang naik kereta api 14 juta, itu jumlah yang banyak. Oleh karenanya pak Presiden menugaskan Menko PMK selaku koordinator dan saya mendampingi untuk melakukan proses persiapan dengan baik,” ujar Budi Karya, di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik lebaran nanti. Bahkan Menhub mengapresiasi persiapan PT KAI yang sudah siaga lebih awal dengan melakukan langkah-langkah salah satunya posko mudik.

Baca juga
Toyota Hadirkan 302 Lokasi Layanan Servis Selama Mudik Lebaran

“Saya kira itu upaya yang baik insyallah bisa berjalan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, menyampaikan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas sudah mewanti-wanti agar jajarannya mempersiapkan pengamanan mudik tahun 2022 jauh-jauh hari.

“Kemarin ada rapat kabinet terbatas dan diputuskan, kita hari ini langsung mengecek ke lapangan. Tadi kita sudah ke Bandara mengecek perjalanan udara dan sekarang kita perjalanan darat jalur kereta api,” kata Menko PMK.

Menko PMK pun menyampaikan beberapa catatan kepada Menhub dan Ditjen Perkeretaapian agar meningkatan pelayanan terhadap penumpang.

Baca juga
Angkasa Pura II Layani Kargo 41.500 Ton Selama Lebaran

“Termasuk ticketing jangan sampai ada antrean panjang, sehingga mereka didorong untuk melakukan (pemesanan) tiket melalui internet,” pungkas Menko PMK. [IKH]

Tinggalkan Komentar