Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Menjaga Ketahanan Lingkungan Melalui Festival #IniJakarta

Sabtu, 04 Des 2021 - 06:52 WIB
Penulis : Ibnu Naufal
- inilah.com

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama warga yang tergabung dalam Relawan Plus Jakarta menggelar Festival #IniJakarta di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada 3-5 Desember 2021, yang diharapkan dapat mewujudkan mimpi bersama Jakarta yang semakin maju.

#IniJakarta dikelola oleh relawan warga guna menyebar sekaligus membumikan identitas Kota Jakarta, yaitu +Jakarta (dibaca Plus Jakarta). Lewat keterlibatan aktif dari berbagai elemen, acara ini akan memperkenalkan, menjelaskan, dan merayakan semangat kolaborasi di Kota Jakarta.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta Atika Nur Rahmania dalam keterangan persnya mengatakan, +Jakarta akan memfasilitasi berbagai ide, informasi, dan peran dari berbagai lapisan masyarakat seperti para seniman, perusahaan rintisan, UMKM, lembaga kemanusiaan, ibu-ibu arisan, mahasiswa hingga komunitas.

Baca juga
Ini 16 Lokasi Penyuntikan Vaksin Covid-19 Pfizer di DKI Jakarta

“Targetnya, menjaga ketahanan lingkungan, regenerasi urban, inovasi dan teknologi, serta seni dan kebudayaan,” tambah Atika.

Festival #IniJakarta juga menjadi kesempatan bagi berbagai komunitas yang memiliki semangat memajukan kota untuk tampil dengan bangga bersama karya-karyanya.

Adapun ragam kegiatan pada festival tersebut di antaranya Sudut Pandang Jakarta yang menampilkan lebih dari 50 foto bertema resiliensi dan kolaborasi yang melibatkan warga dalam proses pengumpulannya.

Kemudian, Panggung Komunitas, sebagai wadah bagi para komunitas agar bisa menampilkan keahlian dan semangat yang dimiliki. Kegiatan ini akan turut dimeriahkan oleh JDCNEO pada 3 Desember, Ukuiki dan Kaleb J pada 4 Desember, dan Nona Ria pada 5 Desember.

Baca juga
Perkembangan Data Kasus COVID-19 di Jakarta 10 Februari 2022

Terakhir, ada Ruang Kolaborasi yang menghadirkan lebih dari 50 komunitas hasil kolaborasi dengan program +Jakarta guna saling berbagi informasi, kegiatan, dan membuka kesempatan berkolaborasi pada para pengunjung.

Selain itu, #IniJakarta juga menampilkan berbagai instalasi untuk memeriahkan acara melalui media sosial.

Ada Pojok Betawi, hasil kolaborasi dengan UMKM binaan Jakpreneur yang akan menyuguhkan karya dan produk terbaiknya. Hadir pula Jakarta Community Guidebook, sebuah panduan yang mengintegrasikan berbagai informasi dan kegiatan dari komunitas-komunitas yang ada di Jakarta.

Atikah memastikan bahwa kegiatan festival #IniJakarta digelar dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Seluruh pengisi acara, panitia, dan komunitas yang terlibat akan menjalani tes antigen. Bagi pengunjung yang akan hadir, harus melakukan scan QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi,” kata dia.

Tinggalkan Komentar