Kamis, 01 Desember 2022
07 Jumadil Awwal 1444

Menjajal Fitur Anyar AYC di New Xpander Cross

Kamis, 25 Agu 2022 - 01:01 WIB
Ayc Xpander Cross
(foto: Inilah.com/Rebby Noviar)

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan penyegaran pada New Xpander Cross dengan sejumlah fitur anyar, salah satunya adalah Active Yaw Control (AYC).

Inilah.com berkesempatan menguji langsung fitur AYC yang diklaim dapat menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan mobil saat bermanuver secara cepat. Fitur ini disebut tidak hanya membantu keamanan bermanuver di jalanan kering, tetapi juga bekerja di jalanan basah dan licin sekalipun.

Pengujian dilakukan di Indonesia Safety Driving Centre (ISDC), Pusdik Lantas Lemdiklat Polri, Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada Rabu (24/8/2022), dengan trek yang telah dirancang sedemikian rupa agar pengemudi bisa merasakan manfaat dari fitur AYC.

Kami merasakan langsung bagaimana fitur AYC ini membantu mobil untuk tetap stabil saat bermanuver di jalanan basah. Meski dipacu dalam kecepatan tinggi, New Xpander Cross mampu melakukan pengereman otomatis untuk menyesuaikan kondisi menikung yang terbilang ekstrim.

Ayc Xpander Cross
(Inilah.com/Rebby Noviar)

Fitur AYC menjaga mobil untuk tetap bermanuver di radius putar yang tidak lebar dan juga menjaga mobil agar tidak melebar saat diajak melintasi lintasan memutar 360 derajat.

Baca juga
GAIKINDO: GIIAS 2021 Mampu Penuhi Ekspektasi Semua Pihak

Selain itu, sistem pengereman otomatis pada fitur AYC ini juga sangat membantu mobil agar tidak kelebihan kecepatan saat menikung, meminimalkan understeer, menjaga mobil tetap dalam kondisi stabil, dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Hal tersebut dimungkinkan karena fitur yang pertama kali digunakan pada Mitsubishi Lancer Evo ini beroperasi bersama fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC).

Kami merasakan fitur AYC ini sangat menjaga kenyamanan berkendara, khususnya untuk mencegah mobil selip dan tergelincir saat bermanuver di jalan licin.

Ayc Xpander Cross
(Inilah.com/Rebby Noviar)

Duta merek Mitsubishi Indonesia yang juga pereli nasional Rifat Sungkar menjelaskan bahwa secara teknis bahwa AYC merupakan fitur lanjutan dari ABS dan ASC.

“Fitur AYC akan dijalankan dengan ASC sebelum Yaw Control. ASC adalah tahap pertama ketika mobil kelihatan agak slip, putaran mesin dikurangi tapi ketika mobil sudah di jalurnya, mobil pasti akan lebih kencang, untuk itulah AYC bekerja,” kata Rifat.

Ia lalu menjelaskan bahwa terdapat empat variabel yang menentukan kinerja AYC, yakni wheel speed sensor, steering angle, putaran mesin, dan rem.

Baca juga
Sang Macan dari Chery Siap Ramaikan Pasar Otomotif Nasional di Tahun Macan

“Empat hal itu bekerja secara bersamaan. Ini advanced sekali, ketika ASC mobil bekerja, pasti kecepatan mobil akan lebih pelan karena sistem memerlukan waktu untuk berpikir sesuai grip mobil saat itu,” papar Rifat.

“Namun, untuk mobil yang menggunakan AYC, maka kecepatan akan disesuaikan dengan putaran mesin, sehingga dapat mempertahankan momentum sesuai kondisi jalan,” lanjut dia.

Ayc Xpander Cross
(Inilah.com/Rebby Noviar)

Selain menjajal fitur AYC di tikungan licin, kami juga berkesempatan mengeksplorasi keunggulan New Xpander Cross lainnya di lintasan pacu milik Polri itu, mulai dari speed test hingga jalan menanjak.

Secara keseluruhan, performa dan kenyamanan pada New Xpander Cross ini tidak berbeda jauh dibanding model sebelumnya. Hanya saja, suspensinya telah ditingkatkan untuk tetap mencegah getaran berlebih saat melewati jalan bergelombang atau jalan rusak.

Suspensi baru New Xpander Cross ini diklaim telah dibekali katup kinerja tinggi dan ekspansi ukuran silinder serta penambahan balok torsi. Sehingga kemampuan redaman suspensinya lebih baik dan mampu tetap rigid menahan dimensi mobil yang punya ground clearance cukup tinggi.

Baca juga
Sambut Elektrifikasi Otomotif, GIIAS 2022 Siap Dibuka Besok oleh Menko Airlangga
Ayc Xpander Cross
(Inilah.com/Rebby Noviar)

MMKSI resmi memperkenalkan New Xpander Cross di hari pertama pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada 11 Agustus lalu, dengan sejumlah pembaruan pada bagian T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arc Moulding.

Untuk menambah kenyamanan, MMKSI juga sudah menghadirkan berbagai perangkat yang bisa dijadikan teman dalam berkendara, seperti Wireless Charger, 8-inch LCD Meter Cluster, New Steering Wheel Design, serta Micron Air Filtration.

New Xpander Cross tipe CVT Premium Package dijual Rp335.750.000, sedangkan varian MT ditawarkan seharga Rp309.950.000.

Ayc Xpander Cross
(Inilah.com/Rebby Noviar)

Tinggalkan Komentar